Beranda Berita Ajak Milenial Cintai Pertanian, Polbangtan Bogor Jadi Narasumber East Jakarta Edu Fair Tahun 2020

Ajak Milenial Cintai Pertanian, Polbangtan Bogor Jadi Narasumber East Jakarta Edu Fair Tahun 2020

Monday, 09 November 2020   Oleh: Administrator   44

BOGOR - www.polbangtan-bogor.ac.id | Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Jakarta Timur mengundang Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor menjadi narasumber dalam event East Jakarta Edu Fair Tahun 2020, Selasa (3/11). Acara diikuti 500 siswa setingkat SMA, SMK dan MA di Jakarta melalui Video Conference Zoom Meeting.

Wakil Direktur (Wadir) I Tri Ratna Saridewi mejadi narasumber mewakili Direktur Polbangtan Bogor. Memulai paparannya Dewi menceritakan sejarah Polbangtan Bogor yang diawali pendirian Middlebare Landbouw School (MLS) tahun 1903. “Jadi ditinjau dari sejarahnya, MLS atau Polbangtan Bogor ini merupakan salah satu lembaga pendidikan pertanian tertua di Indonesia,” ungkapnya.

Dewi menambahkan bahwa Polbangtan Bogor merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Kementerian Pertanian bersama lima Polbangtan  yang lain, Politeknik Enjinering Pertanian Indonesia (PEPI), dan tiga SMKPP di Indonesia.

Menyinggung peran Polbangtan Bogor dalam pengembangan SDM Pertanian, dosen Prodi Agribisnis Hortikultura ini menyebutkan komitmennya menghasilkan lulusan yang mampu menjadi wirusahawan muda (job creator) sekaligus menjadi tenaga kerja terampil siap pakai (job seeker).

Usai paparan, peserta  berkesempatan menanyakan seputar Polbangtan Bogor. Putri, salah serorang peserta dari SMK Malahayati menanyakan persyarataan yang harus dipenuhi sebelum masuk ke Polbangtan Bogor. “Apakah jurusan IPA dan IPS boleh masuk Polbangtan Bogor,” tanyanya.

Dewi menanggapi pertanyaan Putri, menurutnya pada umummnya lima Prodi di Polbangtan Bogor untuk jurusan IPA. “Selama menempuh studi, mahasiswa mendapatkan beasiswa penuh dari Kementerian Pertanian,” imbuhnya.

“Kita harus ingat, bahwa setiap makhluk hidup membutuhkan makanan. Makanan yang dikonsumsi berasal dari bidang pertanian. Karena manusia harus hidup dan harus makan, maka pertanian menjadi sektor yang sangat dibutuhkan, apalagi di masa pandemi ini,” tegasnya.

“Jadi jangan takut untuk menjadi petani milenial, yang turut serta dalam pembangunan pertanian dan menyediakan pangan sebagai hajat hidup orang banyak. Gabung bersama kami, kunjungi website kami www.polbangtan-bogor.ac.id,” ucapnya sekaligus sebagai closing statement.