Beranda Berita Antisipasi Virus Corona, Mahasiswa Polbangtan Bogor Membuat Hand Sanitizer dari Lidah Buaya

Antisipasi Virus Corona, Mahasiswa Polbangtan Bogor Membuat Hand Sanitizer dari Lidah Buaya

Monday, 16 March 2020   Oleh: Administrator   134

Antisipasi Virus Corona, Mahasiswa Polbangtan Bogor Membuat Hand Sanitizer dari Lidah Buaya

Menanggapi merebaknya virus Corona di Indonesia Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Prof. Dedi Nursyamsi  mengingatkan bahwa Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) selalu menegaskan SDM Pertanian adalah kekuatan paling utama untuk Pertanian Indonesia. Karena itu, perlu menjaga SDM Pertanian dari penyebaran virus Corona Covid-19.

Mengantisipasi hal itu, mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor berinisiatif membuat hand sanitizer dari bahan lidah buaya.

Dirinya bersama tenaga pendidikan dan PLP di laboratorium pasca panen membimbing mahasiswa dari mulai memanen, mengupas, mencuci dan memblender lidah buaya sebelum dicampur dengan bahan lain menjadi cairan hand sinitizer.

Menurut Rini, salah seorang mahasiswa yang turut dalam proses pembuatan, ini kami lakukan karena di Bogor mulai sulit mendapatkan hand sanitizer, sementara kami memerlukan cairan tersebut untuk kami gunakan sehari-hari. “Rencananya hand sanitizer buatan kami akan kami bagikan untuk teman-teman mahasiswa yang tinggal di asrama dan orang lain yang membutuhkan,” terangnya.

Pewarta : Arif Prastiyanto