Beranda Berita DANUR MEATLY: Bukti Peternak Milenial Kreatif Polbangtan Bogor

DANUR MEATLY: Bukti Peternak Milenial Kreatif Polbangtan Bogor

Friday, 22 January 2021   Oleh: Administrator   113

BOGOR - www.polbangtan-bogor.ac.id | Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor menerapkan program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP). Ini merupakan salah satu program  Kementerian Pertanian guna menumbuhkan minat mahasiswa untuk menjadi pengusaha.  Sistemnya, mahasiswa dan alumni diberikan modal dana dengan jumlah yang berbeda untuk kemudian dikembangkan sesuai dengan jenis usaha kelompok masing-masing usaha dan memberikan laporan pertanggungjawaban di akhir kegiatan. Salah satu bentuk PWMP yang ada di Polbangtan Bogor adalah Danur Meatly.  Merupakan usaha menengah yang dikelola oleh mahasiswa yang bergerak dibidang produksi olahan peternakan. Asal mula munculnya brand Danur Meatly ini diambil dari inisial nama kelompok pemiliknya. “Jadi D itu dari Dikma, A dari Ade, N dari Nazala, U dari Uya, dan R dari Rena. Itu adalah member dari kelompok kami”, tutur Dikma yang sekaligus menjadi ketua kelompok mahasiswa ini. Sedangkan Meatly, tambahnya, merupakan olahan daging. “jadi bisa disimpulkan bahwa danur meatly adalah pelaku usaha yang bergerak dibidang pengolahan daging”, tambahnya. Danur Meatly sendiri merupakan pengembangan produk berbasis inovasi yang dikembangkan dalam sebuah usaha pengolahan produk berupa hasil daging.

Konsep usaha yang digunakan dalam kelompok bisnis ini adalah konsep rumahan, dimana Danur Meatly melakukan sebagian besar pemasarannya dari rumah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi e-commerce. Dan menjadikan media sosial sebagai sarana promosi utama. Tujuannya agar dapat dipasarkan ke seluruh pelosok negeri. Khas metode pemasaran generasi milenial. “Untuk ketahanan produk olahan daging ini sendiri hanya paling lama sekitar 3minggu. Karena memang Danur Meatly hanya menggunakan bahan alami tanpa bahan pengawet.”, tambahnya. Saat ini Danur Meatly tengah rajin memasarkan produknya melalui Instagram dan sudah mengembangkan promosinya melalui beberapa paltform media sosial lainnya.

 Sumber: Dikma Nesavv

Pewarta: Ardianinda Wisda