Beranda Berita Didi Kurniasandi, Alumni Polbangtan Bogor Sukses Kembangkan Labu Madu Berbasis Agroeduwisata di Kuningan

Didi Kurniasandi, Alumni Polbangtan Bogor Sukses Kembangkan Labu Madu Berbasis Agroeduwisata di Kuningan

Tuesday, 01 December 2020   Oleh: Administrator   122

KUNINGAN - www.polbangtan-bogor.ac.id | Alumni Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor Didi Kurniasandi sukses mengembangkan Agroeduwisata di daerahnya, Kuningan Jawa Barat. Bersama pemuda tani di daerahnya, Dede Chaerul dan Titin Sintia, mengelola usaha budidaya labu madu bernama Sirung Waluh. Usaha yang dijalankan menerapkan strategi pemasaran agroeduwisata berada di Jln R.E Martadinata Kecamatan Cijoho (dekat bunderan Cijoho) Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Sebelumnya ketika kuliah ia mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Agroeduwisata di kampus Polbangtan Bogor, dan sekarang mencoba menerapkan di daerah. “Meski dengan modal usaha yang seadanya, tetapi kami mencoba untuk berusaha semaksimal mungkin,” ungkapnya.

Ditanya kenapa konsep agroeduwisata, pemuda gigih yang bertabur prestasi saat kuliah di Polbangtan Bogor ini beralasan selain memasarkan produk juga memberikan edukasi/penyuluhan kepada konsumen serta bisa menikmati wisata di lahan. “Sesuai profil lulusan Polbangtan Bogor yaitu mencetak Agrosociopreneur,” imbuhnya.

Jum’at pekan lalu (20/11), Sirung Waluh keatangan Kelompok Wanita Tani (KWT) Jaya Abadi Putri New. Pada kunjungan ini, KWT Jaya Abadi Putri New melakukan juga study banding bagaimana tata cara budidaya labu madu yang baik dan benar. Dimulai dengan tata cara persemaian benih labu madu, penanaman, dan pemeliharaan.

“Kesan kunjungan ke Sirung Waluh menyenangkan sekali dan dapat menambah pengetahuan budidaya labu madu. Pesannya diharapkan dapat mengajak generasi muda yang lain agar pertanian di Indonesia semakin maju dengan kreasi anak mudanya,” ucap salah satu anggota KWT Jaya Abadi Putri New.

Didi merasa senang bisa melayani pengunjung sambil berbagi ilmu budidaya labu madu. “Kelompok usaha Sirung Waluh juga menerima kunjungan dapat menghubungi Instagram dan Facebook Sirung Waluh,” pungkasnya.