Beranda Berita Kuliah Online, Mahasiswa Prodi D3 Kesehatan Hewan Pkl Di Daerah Asal

Kuliah Online, Mahasiswa Prodi D3 Kesehatan Hewan Pkl Di Daerah Asal

Monday, 11 January 2021   Oleh: Administrator   28

BOGOR - www.polbangtan-bogor.ac.id | Politeknik Polbangtan (Polbangtan) Bogor memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan program magang atau biasa disebut Praktik Kerja Lapangan (PKL). Kegiatan PKL ini bertujuan untuk mendukung kegiatan perkuliahan dalam rangka memberi gambaran kepada mahasiswa tentang dunia kerja sesuai dengan bidang kompetensi program studi.

Selama pandemi covid-19, untuk memutus mata rantai penyebaran virus, Polbangtan Bogor menerapkan sistem pembelajaran online. Sehingga untuk kegiatan Praktik Kerja Lapangan bagi mahasiswa tingkat 3 yang menduduki semester 6 pun harus melaksanakan kegiatan PKL di daerah asal masing-masing. Kegiatan PKL ini berlangsung kurang lebih selama 30 hari.

Beberapa mahasiswa mengaku mengalami kendala untuk mendapatkan lokasi kegiatan PKL di daerahnya. Seperti yang diutarakan oleh Irfan Hartono, salah satu mahasiswa Prodi D3 Kesehatan Hewan, “dalam situasi seperti ini memang susah-susah gampang untuk mencari tempat yang mau menerima mahasiswa melaksanakan PKL”, ujarnya. Irfan menambahkan bahwa hal ini juga dialami oleh beberapa rekan mahasiswa lainnya.

Dengan adanya kegiatan PKL ini, diharapkan terdapat kerja sama secara langsung antara Polbangtan Bogor dengan instansi tempat magang mahasiswa serta dapat memberikan informasi sebagai bahan penelitian bidang keilmuan kesehatan hewan. Selain itu, melalui kerja praktik ini diharapkan dapat memberi manfaat kepada mahasiswa antara lain dapat menambah pengalaman dan pengetahuan tentang dunia kerja, dapat mengetahui penerapan ilmu kesehatan hewan dalam permasalahan dunia kerja, dapat melatih mahasiswa untuk bekerja secara profesional serta melakukan adaptasi atau kerjasama yang baik dalam lingkungan kerja.