Beranda Berita Manfaatkan LFH, Mahasiswi Polbangtan Bogor Belajar Langsung ke Peternak

Manfaatkan LFH, Mahasiswi Polbangtan Bogor Belajar Langsung ke Peternak

Saturday, 12 September 2020   Oleh: Administrator   27

SUKABUMI - www.polbangtan-bogor.ac.id | Belajar dari rumah dengan menggunakan metode online adalah salah satu kegiatan mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor saat pandemi. Namun masih ada banyak hal luar biasa yang dapat dilakukan mahasiswa. Seperti yang dilakukan mahasiswi cantik jurusan Peternakan , Dikma Nesavv.

Pagi itu Dikma ke kandang untuk memberikan pakan beberapa domba peternak yang menjadi tempat prakteknya tiga bulan terakhir. Kegiatan ini sudah menjadi pekerjaan sehari-hari dari Dikma setelah Polbangtan Bogor memutuskan mahasiswa-mahasiswi untuk kembali ke kampung halaman dan belajar dari rumah (learn from home).

Dikma pun belajar banyak hal mengenai peternakan yang menambah pengetahuan yang baru. Salah satunya adalah tentang pemberian pakan tambahan ternak domba dari ampas tahu.

Biasanya, ampas tahu hanya dibuang begitu saja karena tidak dapat diolah lagi. Tetapi dengan inovasi di bidang peternakan, peternak di Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi bisa memanfaatkan ampas tahu sebagai pakan tambahan.

“Alasannya karena ampas tahu mudah didapat dan murah harganya akan tetapi manfaatnya sangat banyak karena mengandung banyak nilai gizi tinggi seperti protein kasar 27,55%, serat kasar 7,11%, lemak 4,93%, dan BETN 44,55%,” jelas Dikma.

Sehingga, ampas tahu ini sangat bermanfaat dalam menambah nutrisi pada ternak sehingga mampu menambah bobot badan pada ternak.

Dikma pun berharap agar banyak generasi milenial yang berjiwa wirausaha untuk mengembangkan potensi di bidang peternakan.

Pewarta : Aditia Y D Bukit