mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Persiapan Launching Teaching Factory, Polbangtan Bogor Lakukan Studi Banding Ke Balitri

Dalam waktu dekat, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan Bogor) akan menerapkan Teaching Factory pembibitan tanaman industri di kampus sebagai salah satu peningkatan sarana pembelajaran mahasiswa. Oleh karenanya, tim dosen Polbangtan Bogor melakukan kunjungan studi banding pembibitan tanaman industri di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balitri), Parung Kuda, Sukabumi, Jawa Barat.

Kunjungan ini dilakukan oleh Achmad Musyadar dan Bayu Adirianto selaku tim dosen jurusan pertanian Polbangtan Bogor. Di Balitri, kedatangan disambut langsung oleh Kepala Balai, Bapak Tri Joko Santoso dan peneliti Bapak Samsudin. “Kami dari Balitri ingin kunjungan dari Polbangtan dilanjutkan ke kerjasama antar lembaga melalui PKS. Melalui PKS kita dapat bekerjasama di bidang pembibitan, program magang mahasiswa, dan penelitian. Kita perlu kolaborasi agar pengembangan tanaman industri semakin baik. Kami akan berkunjung ke Polbangtan untuk melihat kondisi perkebunan disana” ujar Kepala Balitri membuka percakapan.

Kunjungan yang dilakukan di Jl. Raya Pakuwon km. 2, Parungkuda, Sukabumi ini langsung menuju kebun dan lahan yang digunakan untuk koleksi, riset, produksi, dan agrowisata bagi masyarakat umum. Jenis tanaman yang dibudidayakan pun beragam terdiri atas komoditas utama yaitu kopi, kelapa, kakao, karet, aren, porang, dan pala. Tidak hanya itu, tim dosen Polbangtan Bogor juga menemukan bahwa desain pembibitan di Balitri dilakukan melalui tahap pre nursery dan main nursery. Alat-alat yang diperlukan diantaranya tandon, pompa air, peralatan berkebun, serta kebun bahan tanaman itu sendiri.

Bayu Adirianto mencatat unsur pendukung lain yang terdapat di Balitri untuk merealisasikan teaching factory yang perlu diperhatikan. Seperti prasarana jalan menuju kebun/ lahan serta tenaga teknis maupun THL. “Rencana tindak lanjut yang akan dilakukan dari hasil studi banding ini, Polbangtan Bogor akan mendesain persemaian tanaman industri. Polbangtan Bogor akan melakukan kerjasama dengan Balitri melalui PKS dalam hal perlindungan plasma nutfah tanaman industri dan program magang/ penelitian untuk mahasiswa”, ujarnya.

Sumber: Bayu Adirianto

Pewarta: Ardianinda Wisda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID