Beranda Berita Raih Juara Lomba Baca Puisi dan Baca Cerpen, Liza Ramadhani Harumkan Nama Polbangtan Bogor

Raih Juara Lomba Baca Puisi dan Baca Cerpen, Liza Ramadhani Harumkan Nama Polbangtan Bogor

Friday, 03 January 2020   Oleh: Administrator   227

Jakarta | www.polbangtan-bogor.ac.id - Liza Ramadhani, Mahasiswi tingkat 3 Jurusan Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan Politeknik Pembangunan Pertanian  (Polbangtan) Bogor berhasil meraih juara 1 cabang  lomba baca puisi dan juara 2 cabang lomba baca cerpen, pada ajang KARya TahuNAn & FestiVAl Literasi (KARNAVAL) 2019 yang diadakan oleh komunitas Backpacker serta Klub Blog dan Buku(KUBBU) Jakarta, Minggu/15 Desember 2019. Acara KARNAVAL ini dilaksanakan selama dua hari (14-15 Desember 2019) di gedung Perpustakaan Umum Daerah DKI Jakarta, Cikini, Jakarta Pusat.

Perlombaan yang diikuti Liza kali ini  tidak kurang dari 100  peserta dari berbagai wilayah di Jabodetabek dan sekitarnya,  terbagi dalam berbagai kategori lomba yakni Lomba baca puisi, lkmba baca cerpen, lomba cipta puisi, lomba cipta cerpen, lomba menulis artikel blog, dan lomba siapa cepat dia tahu(KUPAT TAHU). Semua cabang lomba diadakan untuk mewadahi para penggemar literasi. “Alhamdulillah, antusiasme peserta sangat luar biasa. Saa tidak menyangka pendaftaran nya kurang dari sebulan peserta lomba bisa mencapai sebanyak ini. Insyaallah Acara karnaval ini akan dilaksanakan setiap tahun dan semoga wilayah jangkauan nya bisa luas lagi”ujar Bang Eka Siregar selaku pencetus acara karnaval ini.

Sistem penyeleksian untuk lomba baca puisi dan baca cerpen terdiri dari dua tahapan. Babak penyisihan dilaksanakan pada hari sabtu(14/12/19), yang menyisakan 5 peserta untuk melanjutkan kompetisi di babak final pada minggu(15/12/19).  Untuk babak penyisihan, peserta diberikan 8 puisi pilihan dan 3 cerpen yang telah dibagikan beberapa hari sebelum perlombaan. Kemudian untuk baabk final semua peserta diberikann naskah puisi  sama  yang diberikan setelah pengumuman siapa saja peserta yang bisa melanjutkan babak final.

“Jadi pada perlombaan ini naskah cerpen dan puisinya disediakan oleh pihak penyelenggara dan ada beberapa pilihan cerpen dan puisi yang bergenre senang, romantis,  sedih, marah. Saya memilih puisi Sagu Ambon dan CerpenTuam dan Anggrek  untuk babak penyisihan. Sedangkan untuk babak final, saya membawakan puisi karaya Taufik Ismail, Membaca Tanda-Tanda.” Ungkap Liza.

Liza menceritakan bagaimana ia berlatih dalam menghadapi lomba ini. “Saya mengikuti lomba ini dengan berlatih secara otodidak melalui video yang saya tonton dari youtube dan instagram, saya pun dapat info lomba ini dari instagram. Kelihatan banget kan kalau saya milenial. Saya juga ingin menunjukan bahwa mahasiswa Polbangtan Bogor yang biasanya hanya belajar tentang bertani dan beternak dengan baik juga bisa bersastra” ungkapnya..

“Tips dan trik untuk mengikuti lomba baca puisi, baca cerpen, ataupun kayrya sastra lain adalah jangan hanya mengharapkan untuk menang. Tapi fokus terhadap bagaimana caranya agar kita bisa berusaha maksimal, bisa tampil dengan baik, dan menyampaikan pesan dan makna dari apa yang kita baca kepada audiens ” lanjut Liza.

“Dewan Juri pada perlombaan KARNAVAL yang diadakan oleh Klub Backpacker Jakarta kali ini, sungguh luar biasa mulai dari praktisi puisi, dubber kartun dan owner akun “Ruang Puisi Kita”  dengan harapan dapat menginspirasi para sastrawan muda Indonesia.”Ujar Bang Eka pada saat pengumuman lomba KARNAVAL di Perpusda Jakarta.

Kontributor : Liza Ramadhani