Beranda Berita Raih Prestasi sebagai Penulis Terpilih Menulis Pentigraf Jendela Sastra Indonesia 2021, bukti Mahasiswa Polbangtan Bogor tetap Berprestasi di masa Pan

Raih Prestasi sebagai Penulis Terpilih Menulis Pentigraf Jendela Sastra Indonesia 2021, bukti Mahasiswa Polbangtan Bogor tetap Berprestasi di masa Pan

Thursday, 01 April 2021   Oleh: Administrator   72

BOGOR - www.polbangtan-bogor.ac.id | Penerbit Jendela Sastra Indonesia kembali mengadakan Lomba Cipta Pentigraf (Cerpen Tiga Paragraf) Tingkat Nasional tahun 2021 bertajuk event menulis pentigraf bersama dengan tema BEBAS. Lomba tersebut dilaksanakan secara jarak jauh, yakni seacra daring tanpa melalui sistem tatap muka. Tak terkecuali Polbangtan Bogor yang selalu mengambil andil dalam setiap kompetisi yang ada. Polbangtan Bogor mengikuti kompetisi tersebut diwakili oleh Ade Putra (mahasiswa prodi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan Semester 3) untuk kategori lomba menulis pentigraf. Pentigraf "Hari Tua" karya Ade Putra berhasil menarik perhatian dewan juri dan mengantarkannya sebagai penulis terpilih. Yang tentunya tulisan tersebut mendapatkan piala dan penghargaan dimana akan dibukukan dengan judul buku "Setetes Aksa di Ranting Aksara"

Tantangan dari lomba jarak jauh ini adalah tema yang diberikan. Dengan demikian, peserta dituntut untuk benar-benar mengeksplor kemampuan imajinasi dalam merangkai kata demi kata menjadi sebuah karya yang tidak hanya indah, tapi juga kaya makna. Menurut Ade Putra, mengikuti perlombaan dapat menjadi sarana seseorang untuk menunjukkan kepada dunia bakat yang dimiliki. Dengan mengikuti lomba, seseorang dapat mengasah bakat dan kemampuan dengan mengaplikasikan bakat yang ada dalam perlombaan. Selain itu, jika berhasil memenangkan lomba yang diikuti, tentunya akan menjadi validasi tersendiri dari bakat yang dimiliki. Jangan takut gagal karena kegagalan awal dari keberhasilan.

Lomba Pentigraf ini dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2021. Sebelumnya, peserta melalui babak seleksi pengiriman naskah di tanggal 28 Januari 2021 dan pada tanggal 1 Februari 2021 dilakukan babak penyisihan (pengumuman kontributor terpilih). Tulisan karya peserta dikirimkan melalui email ke Literasi Jendela Sastra Indonesia. Peserta mengikuti babak final secara daring, dan bagi para pemenang, hadiah dan sertifikat dikirimkan melalui ekspedisi. 

Pewarta : Dikma Nesavv BN

~DHM