Beranda Berita Sambut Ramadhan, Simak Kolaborasi Tiga Petani Milenial Polbangtan Bogor

Sambut Ramadhan, Simak Kolaborasi Tiga Petani Milenial Polbangtan Bogor

Monday, 27 April 2020   Oleh: Administrator   133

Awal Ramadhan ini tiga petani milenial berprestasi dari Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor membuat video yang viral di berbagai medsos. Video tersebut seakan mengobati kerinduan teman-temannya akan kampus tercintanya yang lama tidak dikunjungi karena harus #dirumahsaja akibat pandemi Covid-19.

Septian Permana, Kris Kama Apriyanto, dan Nidia Qurrota A’yunin berkolaborasi membuat cover lagu Ramadan yang dipopolerkan oleh penyanyi Maher Zain. Uniknya, lagu ini dinyanyikan dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris, dan Arab) dan berlatar belakang kampus Polbangtan Bogor.

“Ide pembuatan video cover lagu Ramadan Versi Tiga Bahasa ini tercetus pada bulan ramadan tahun lalu (2019), ketika mahasiswa Polbangtan Bogor melaksanakan ibadah shaum di kampus,” ucap Septian.

Mahasiswa tingkat akhir yang jago bahasa Inggris dan menjuarai berbagai event nasional dan internasional ini memutuskan untuk membuat cover lagu Ramadan namun dengan versi 3 bahasa. “Kabar baiknya, niat kami ini disambut dan di-support dengan baik oleh pihak kampus khususnya Lab. Multimedia karena telah bersedia untuk meminjamkan alat dan bahan pembuatan video clip bahkan ruangan radio sebagai tempat rekaman lagu ini,” ucapnya bahagia.

Kris Kama Apriyanto awalnya merasa kesulitan saat melantunkan lagu ini dalam Bahas Arab. “Pada proses pembuatan cover lagu Ramadan terdapat beberapa kendala yang menjadi kesulitan tersendiri bagi kami para kreator seperti kondisi tubuh kala itu yang kadang fit kadang tidak yang mana ini sangat berpengaruh pada kualitas suara para penyanyi, kemudian konsepsi dan improvisasi-improvisasi pembuatan video ini juga cukup menguras tenaga dan pikiran, dan yang menjadi kendala utama kami adalah terbatasnya alat rekam yang bagus dan memadai untuk menghasilkan audio berkualitas tinggi,” ucap aktivis LDK yang juga pernah menyabet gelar Terbaik ketiga tingkat nasional pada lomba Film Pendek FOKRI Games-V tahun 2019.

“Namun pada akhirnya, alhamdulillah dengan bantuan beberapa pihak kamipun dapat mengatasi kendala-kendala tersebut,” imbuhnya.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Nidia Qurrota A’yunin. Mahasiswi yang jago MC dan beberapa kali meraih pengharagan dalm lomba MC ini merasa senang karena setiap proses dari pembuatan cover lagu Ramadan Versi 3 Bahasa ini manis pahit, susah senangnya kami lalui bersama-sama.

“Bahkan pada akhirnya terlahirlah tim yang bernama ‘Hylo Talent Management’ sebagai wadah bagi kami untuk membuat karya-karya lainnya seperti cover lagu ‘Kamu dan Kenangan dari Maudy Ayunda”’, serta ‘Kolaborasi Damai Bersamamu’ dari mendiang Chrisye yang dinyanyikan oleh perwakilan mahasiswa Polbangtan Bogor seluruh prodi Jurusan Pertanian yang dapat ditonton di Youtube Channel-nya RYN Studio,” ucapnya bangga.

RYN Studio adalah chanel youtube milik salah satu mahasiswa Polbangtan Bogor bernama Riyyan Insani. Riyyan memang dikenal pendiam namun bertangan dingin, menjadi kreator dan editor video yang keren-keren. Film pendek yang dilakoni Kris dan kawan-kawan LDK Al Muta’alim Polbangtan Bogor meraih gelar juara III adalah bukti karya terbaiknya. Dirinya berharap dengan adanya cover-cover lagu yang kami buat ini, kedepannya mahasiswa Polbangtan Bogor dapat lebih memberanikan diri lagi untuk show off kebolehannya masing-masing di bidang seni musik melalui berbagai platform social media seperti Instagram, facebook, dan youtube.

“Meskipun basic kampus Polbangtan ini adalah pertanian tetapi dibalik itu banyak sekali mahasiswa dengan bakat-bakat hebat tersembunyi yang potensial untuk dikembangkan lebih serius lagi. Sehingga mereka juga dapat turut serta berkontribusi dalam membangun reputasi kampus melalui karya-karyanya pada bidang seni musik, dan kami harapkan juga pihak kampus dapat memberikan atensi dan dukungan serupa pada mahasiswa pecinta seni untuk sama-sama unjuk gigi dalam berbagai event baik pada event internal maupun eksternal kampus sebagaimana partisipasi pada event karya ilmiah atau event pertanian lainnya secara luas,” imbuhnya.

“Terakhir, kami dari Hylo Talent Management bersama angkatan 2016 Hylocereus undatus berencana akan membuat project akhir berupa film pendek (short movie) lengkap dengan official single-nya sebagai persembahan terakhir bagi kampus tercinta Polbangtan Bogor sebelum wisuda nanti. Mohon do’a dan dukungannya, terima kasih,” pungkas Riyyan