Beranda Pengumuman Kabadan Resmikan MABIDAMA Daring Polbangtan Bogor 2020

Kabadan Resmikan MABIDAMA Daring Polbangtan Bogor 2020

Monday, 28 September 2020   Oleh: Administrator   342

Monday, 28 September 2020

BOGOR - www.polbangtan-bogor.ac.id | Mulai hari ini sampai lima hari ke depan (5-11/10) Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor menggelar kegiatan Masa Bimbingan Dasar Mahasiswa (MABIDAM) 2020 secara daring. Acara yang diikuti oleh 225 mahasiswa baru dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Prof. Dedi Nursyamsi di Ruang Agriculture Operation Room (AOR) Polbangtan Bogor. Kehadiran Kabadan didampingi Direktur Polbangtan Bogor, para Wakil Direktur (Wadir) dan para Kepala Bagian. Sementara Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Kapsdiktan) Idha Widi Arsanti turut hadir secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Direktur Polbangtan Bogor Siswoyo menuturkan bahwa penyelanggaraan MABIDAMA tahun digelar secara daring berkenaan dengan situasi pandemi yang terjadi. “Namun hal ini tidak akan mengurangi semangat kami untuk tetap berkomitmen menyiapkan mahasiswa untuk menjadi wirausahawan muda pertanian (Job creator) dan wirausahawan muda pertanian(Job Creator) dan tenaga siap kerja di bidang pertanian (Job Seeker ),” imbuhnya.

Pernyataan Direktur senada dengan paparan Kapusdiktan Idha Widi Arsanti. Menurut Santi, hal ini sejalan dengan arah pengembangan pendidikan vokasi pertanian. “Job Creator hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki jiwa entrepreneur, karena menciptakan peluang kerja lebih mulia dari pada mencari lapangan kerja,” ungkapnya.

 

”Dengan mengucapkan Bismilaahirrohmaanirrohiim  kegiatan Masa Bimbingan Dasar Mahasiswa (Mabidama) bagi Mahasiswa Baru Polbangtan Bogor Tahun Akademik  2020/2021 secara resmi saya nyatakan dibuka,” ucap Kabadan sambil mengakhiri sambutannya.

Namun ada yang lebih istimewa dari kaegiatan MABIDAMA kali ini. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) hadir secara virtual menyapa dan memotivasi para peserta.

“Selamat belajar, selamat menempuh pendidikan di kampus tercintamu Polbangtan Bogor. Manfaatkan kesempatan ini jangan kamu sia-siakan. Jangan kamu permalukan orang tuamu. Jangan permalukan bangsamu. Banyak orang yang mau masuk di situ, kamu yang terpilih,” ungkap Mentan.

“Aku tunggu kalian menjadi pemuda-pemuda yang memiliki frame akademik intelektual yang baik, memiliki agenda-agenda manajemen pertanian yang kuat, sekaligus orang yang berkarakter nasionalis, orang yang menjunjung tinggi bangsanya dan bangga dengan Pancasila,” tutur SYL mengakhiri arahannya.