mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

STPP Bogor dukung regenerasi petani muda

Bimtek ini salah satu bentuk dukungan nyata STPP Bogor dalam menciptakan regenerasi muda pertanian.
Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Bogor, Jawa Barat mendukung Kementerian Pertanian untuk menciptakan generasi muda pertanian melalui bimbingan teknis Program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP).

Kepala Sub Bagian Pendidikan dan Kerjasama STPP Bogor, Siti Syamsiah, di Bogor, Senin, mengatakan PWMP merupakan program dari Kementerian Pertanian.

“Bimtek bertujuan agar peserta program PWMP memiliki persepsi yang sama, serta mendapatkan informasi teknis yang lebih jelas terkait kegiatan PWMP,” kata Siti.

Siti mengatakan, peserta Bimtek berjumlah 34 orang. Mereka adalah peserta program PWMP tahap penyadaran dan penumbuhan dari STPP Bogor dan perguruan tinggi (PT/SMKPP) Mitra Tahun 2018.

Perguruan Tinggi dan SMKPP Mitra yaitu IPB, UNPAD, UNILA, UNSRI, UNTIRTA, UNSIL, SMKPP DKI Jakarta, SMKPP Cikole, SMKPP Tanjungsari, SMKPP Lembang dan Ponpes Miftahul Zannah Bekasi.

Selama Bimtek peserta mendapat bimbingan teknis dari pelatih yang sudah mendapatkan “training of trainer” dan penyusun modul Bimtek PWMP yang berasal dari STPP Bogor, IPB, UNILA, UNPAD, dan UNTIRA.

“Narasumber dari Kementerian Pertanian dan pengusaha sukses di bidang pertanian,” katanya.

Materi yang disampaikan dalam Bimteks antara lain membangun jiwa wirausahawan muda yang mandiri, materi tentang kebijakan PWMP, pertanggungjawaban dan pembukuan keuangan kelompok wirausahawan muda pertanian, kewirausahawan.

Materi selanjutnya, strategi bersaing dan keberhasilan usaha, organisasi dan kepemimpinan, teknik evaluasi kinerja, pertanian modern, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen resiko, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen resiko, manajemen produksi, kemitraan dan jaringan kerja dalam bisnis, penyusunan ide bisnis, penyusunan rencana bisnis, etika bisnis, achievment motivasi, kisah sukses, teknologi.

Siti mengatakan kegiatan Bimtek ini diharapkan dapat membentuk peserta PWMP yang kreatif, inovatif, dan mandiri sebagai wirausahawan muda pertanian.

“Bimtek ini salah satu bentuk dukungan nyata STPP Bogor dalam menciptakan regenerasi muda pertanian,” kata Siti.

Program PWMP sudah berjalan di STPP Bogor sejak 2016. Tercatat sudah 255 mahasiswa yang dilibatkan dari angkatan tiga dan empat. Para mahasiswa membentuk 67 kelompok yang telah memproduksi 50 jenis produk pertanian maupun peternakan.
Pewarta : Laily Rahmawaty

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID