mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Pendaftaran mahasiswa baru STPP Bogor capai 1.553

STPP membuka jalur khusus pendaftaran melalui BPPSDMP Kementerian Pertanian dan Website STPP Bogor
Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Bogor membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019, hingga Selasa, jumlah pendaftar mencapai 1.553 pendaftar.
Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni STPP Bogor, Usep Rizab mengatakan pendaftaran telah dibuka sejak April lalu dan akan ditutup pada tanggal 25 Mei 2018.
“STPP membuka jalur khusus pendaftaran melalui BPPSDMP Kementerian Pertanian dan website STPP Bogor,” kata Usep.
Ia mengatakan, STPP Bogor tahun ini tengah bertransformasi menjadi Politeknik Pembangunan Petanian (Polbangtan) Bogor.
Tahun ini STPP Bogor atau Polbangtan membuka lima program studi yaitu penyuluhan pertanian berkelanjutan, agribisnis hortikultura, teknologi mekanisasi pertanian, penyuluhan peternakan dan kesejahteraan hewan, serta kesehatan hewan.
Berbeda dengan tahun sebelumnya, hanya ada dua program studi yakni penyuluh pertanian dan penyuluh peternakan.
Menurut Usep dari kelima program studi baru ini, prodi penyuluhan pertanian berkelanjutan adalah prodi yang paling banyak peminatnya yaitu mencapai 39,0 peminat dari total jumlah pendaftar.
Pendaftaran ini dilakukan seluruhnya secara online melalui website STPP Bogor http://stpp-bogor.ac.id.
“Ada empat jalur pendaftaran yang bisa diikuti calon mahasiswa,” katanya.
Empat jalur tersebut di antaranya jalur tugas belajar yang diperuntukan bagi PNS, jalur undangan yaitu dari SMK-PP atau SMK binaan Kementerian Pertanian dan putra dari petani Berprestasi, jalur kerjasama dengan pemerintah daerah, serta jalur umum.
“Mahasiswa yang akan diterima keseluruhannya adalah 210 orang untuk mengisi kelima prodi yang ada,” katanya.
Ia menjelaskan, ada dua tahapan seleksi yang harus dilalui para calon mahasiswa baru STPP Bogor yakni, seleksi tahap pertama adalah seleksi administrasi dan tahap kedua adalah ujian tertulis dan wawancara.
Setelah dinyatakan lolos ujian tertulis dan wawancara akan dilanjutkan dengan tes kesehatan untuk calon mahasiswa baru ini.
Usep mengatakan, pengumuman dan tes akan dilakukan dalam dua tahapan, untuk jalur undangan dan tugas belajar pengumuman seleksi administrasi pada tanggal 28 Mei 2018 mendatang.
“Kedua jalur tersebut tidak mengikuti tes tulis dan wawancara, karna seleksinya melalui rapor,” katanya.
Usep menambahkan, siswa jalur undangan dan tugas belajar yang tidak lolos seleksi bisa mengikuti tes melalui jalur umum.
Pengumuman seleksi administrasi untuk jalur umum dan kerjasama pada tanggal 1 Juni dan tes tulis, serta wawancara dilaksanakan tanggal 3-5 Juli, sedangkan pengumuman tes 9 juli 2018.
“Pengumuman calon mahasiswa semua jalur akan diumumkan serentak pada tanggal 24 Juli 2018 melalui website Kementerian Pertanian, BPPSDM Pertanian dan STPP Bogor,” kata Usep.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID