Logo Web Polbangtan Bogor

Polbangtan Bogor Adakan Workshop Pembinaan Desa Mitra

Salah satu Tridharma Perguruan Tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat, oleh karena itu Polbangtan Bogor terus menerus meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat. Berdasarkan hasil verifikasi Desa Mitra Terpilih Tahun 2019 telah ditetapkan Desa Lemah Duhur Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor sebagai Desa Mitra Polbangtan Bogor Tahun 2019. Sehubungan dengan hal tersebut disusunlah Rencana Aksi Pemberdayaan Terpadu yang melibatkan seluruh unsur terkait dengan pemberdayaan terpadu tersebut melalui kegiatan workshop.

Direktur Polbangtan Bogor, Dr. Ir. Siswoyo, MP sekilas menjelaskan dan memperkenalkan transformasi pendidikan yang ada di Polbangtan Bogor yang sebelumnya adalah STPP Bogor. “Lulusan Polbangtan Bogor diharapkan menjadi wirausaha muda pertanian yang madiri dan berdaya saing” Jelas Dr. Siswoyo. “Tetapi tidak menutup kemungkinan kalau ada perusahaan swasta yang merekrut mahasiswa kami dan bisa saja mahasiswa kami menjadi ASN (PNS) namun entrepreneurship sudah terbangun dan dimanapun lulusan kami berada harus mempunyai karakter dan kemampuan yang handal” Lanjutnya

Lebih lanjut Dr. Siswoyo menjelaskan bahwa salah satu komponen yang penting dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat oleh karena itu Polbangtan Bogor fokus dalam pengabdian kepada masyarakat agar Polbangtan Bogor dapat berperan aktif di masyarakat.

“Desa terpilih sebagai model desa mitra kami adalah Desa lemah duhur yang akan kami bina selama 3 atau 4 tahun kedepan dan nantinya akan diikuti oleh desa-desa lain.” Jelas Dr. Siswoyo. “Dalam pembinaan ini kami tidak bisa sendiri dan membutuhkan bantuan dari pemerintah daerah maupun dari pengusaha-pengusaha pertanian dan dari semua pihak agar petani-petani kita bisa sejahtera.” Imbuhnya.

Hadir dalam workshop ini antara lain Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kab. BogorIr. Hj. Siti Farikah, Kabid. Hortikultura Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Ir. Ida Sri Widaningsih, MM, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kab. Bogor, Ir. Farida Khuriati, MM, Camat Caringin Ruandi, Bapeda Endin Syafrudin, S.Pt, Kepala Bidang Pembangunan Ekonomi dan Pendapatan Desa Kab. Bogor Dra. Tika Siti Jatmika, M.Si, Presiden Direktur PT. Mulia Bintang Utama Abdul Hamid, Dirut PD Pasar TOHAGA Kab. Bogor H. Romli Eko Wahyudi, SKH, MM, beserta gapokan dari Desa Lemah Duhur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *