mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Prodi Mektan Polbangtan Bogor Adakan Kuliah Umum

Salah satu program studi (Prodi) baru di Polbangtan Bogor adalah Mekanisasi Pertanian (Mektan). Prodi Mektan mengadakan kuliah umum yang mendatangkan narasumber dari PT Yanmar Diesel Indonesia. PT Yanmar Diesel Indonesia merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi alat dan mesin pertanian.

“Mahasiswa Polbangtan adalah mahasiswa milenial, petani milenial yang tidak lagi mencangkul dengan tangan tetapi kedepan semua menggunakan mesin-mesin pertanian.” Kata Dr. Ir. Yul Harry Bahar selaku Ketua Prodi Mektan. “Berbagai terobosan mengenai mesin pertanian telah dilakukan oleh PT Yanmar.” Lanjutnya. Dr. Yul Bahar juga berharap PT Yanmar dapat mendampingi Polbangtan Bogor dalam pengembangan pertanian.

Direkur Polbangtan Bogor Dr. Siswoyo mengharapkan mahasiswa dapat mencermati apa yang disampaiakan dari PT Yanmar Indonesia dan berharap nantinya mahasiswa Polbangtan Bogor bisa melakukan praktek atau magang di PT Yanmar sehinggal skill mahasiswa akan lebih terasah.

Yanmar Diesel Indonesia telah berada di Indonesia selama 40 tahun. Selama ini, PT. Yanmar telah menghasilkan banyak alat dan mesin pertanian yang berperan dalam kegiatan prapanen dan pascapanen pertanian. “Mekanisasi Pertanian saat ini menjadi salah satu solusi bagi terbatasnya tenaga pertanian usia muda di Indonesia.” Ungkap Yanyan Sopian perwakilan dari PT Yanmar. Menurutnya telah banyak petani yang telah memiliki alat mesin pertanian (alsintan) dari PT Yanmar. “Petani sekarang sudah mampu untuk membeli traktor tangan roda 2 secara tunai maupun kredit dengan harga kisaran 20 juta – 25 juta rupiah. Sedangkan untuk alsintan berukuran besar seperti combine harvester atau transplanter, biasanya pembelian ditangani oleh gapoktan yang kemudian akan menyalurkan ke kelompok taninya.” lanjutnya

Mengenai peluang lulusan Polbangtan Bogor untuk bekerja di PT Yanmar Yanyan mengatakan “Lulusan Polbangtan Bogor sangat bisa untuk bekerja di PT Yanmar dengan memiliki kompetensi berupa pengalaman, pelatihan, sertifikasi yang sesuai dengan jurusan atau keahlian dan sesuai dengan kualifikasi PT Yanmar.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID