mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Siapkan Pendampingan Korporasi Petani di Karawang, Polbangtan Bogor Gelar Bimtek

Bogor l polbangtan-bogor.ac.id – Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendampingan Mahasiswa dalam rangka Demfarm Korporasi Karawang di Aula kampus Cibalagung Selasa – Kamis (25-27/05). Acara diikuti oleh 45 mahasiswa tingkat III Jurusan Pertanian dan Jurusan Peternakan serta sembilan petani dan pendamping dari Karawang.

Ketua panitia bimtek, Dr. Arif Nindyo Kisworo, S.Pt., M.Si menuturkan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai pembekalan untuk mahasiswa yang akan melaksanakan pendampingan korporasi petani di Karawang selama 10 bulan.

Dosen yang juga Ketua Jurusan Peternakan Polbangtan Bogor ini menjelaskan bahwa korporasi petani ini adalah gabungan dari kelompoktani yang membentuk usaha bersama yang didampingi oleh mahasiswa Polbangtan Bogor mulai dari hulu sampai hilir.

“Mahasiswa nantinya akan kami tugaskan untuk melaksanakan kegiatan harian sehingga mereka harus tahu apa yang akan dilakukan di sana,” jelas Arif.

Mewakili Direktur Polbangtan Bogor, Wakil Direktur (Wadir) III Wida Pradiana, SP., M.Si mendampingi Kepala Balai Besar Litbang Pasca Panen Pertanian, Dr. Prayudi, SP., M.Si membuka acara secara resmi. Wida menuturkan bahwa kegiatan ini terselenggara atas kerja sama yang baik antara Polbangtan Bogor dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Bimtek digelar selama tiga hari dengan menghadirkan Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Infrastruktur Pertanian, dari Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca Panen Pertanian, Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian, Balai Besar Penelitian Peternakan, Balai Besar Penelitian Veteriner, Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, dan sejumlah praktisi di bidang pertanian dan peternakan.

Kegiatan bimtek diakhiri dengan kunjungan lapangan ke Balai Besar Penelitian Tanaman Padi di kebun percontohan Muara Bogor dan Balai Penelitian Peternakan Ciawi Bogor. [AP]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID