mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Tingkatkan Kompetensi Dosen, Polbangtan Bogor Gelar PEKERTI

Bogor l polbangtan-bogor.ac.id – Keberadaan sebuah perguruan tinggi bergantung pada kualitasnya, termasuk di dalamnya adalah kualitas lulusan. Salah satu karakteristik kualitas lulusan dapat dilihat dari keberhasilannya dalam pekerjaan. Hal ini tidak terlepas dari kualitas dosen sebagai komponen penting dalam proses pembelajaran dan sebagai penentu kualitas mahasiswa. Maka dari itu, peningkatan kompetensi dan ketrampilan dosen harus dilakukan. Salah satunya dengan mengikuti program PEKERTI. PEKERTI singkatan dari Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional.

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor menyelenggarakan pelatihan ini selama lima hari (5-9/08) di Ruang Seminar Kampus Cibalagung. Tim PEKERTI Universitas Negeri Jakarta (UNJ) memberikan materi kepada 20 dosen dan calon dosen.

Direktur Polbangtan Bogor, Dr. Ir. Siswoyo, MP mengungkapkan kegembiraan atas penyelenggaraan pelatihan ini.

“Saya mohon para peserta mengikuti pelatihan ini dengan serius, karena tahun depan kita akan melanjutkan pelatihan Applied Approach (AA),” tutur Siswoyo.

Didampingi Wakil Direktur I, Dr. Tri Ratna Saridewi, S.Pi., M.Si dan Kepala Bagian Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni (BAAKA) Ir. Iwan Patria, MM., Direktur Polbangtan Bogor membuka acara secara resmi.

Materi yang disajikan mulai dari Pengembangan Kurikulum di Perguruan Tinggi; Perkembangan dan pembelajaran orang dewasa; Teori belajar, pembelajaran, dan motivasi; Desain instruksional; Menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS); Model-model pembelajaran aktif/inovatif di PT, Pengembangan media dan bahan ajar; serta Evaluasi pembelajaran. Masing-masing pemateri memberikan penugasan untuk diselesaikan peserta selama dua minggu. [AP]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *