mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Cetak Wirausahawan Muda, 171 Alumni Polbangtan Bogor Ikuti Bimtek PWMP

Bogor l polbangtan-bogor.ac.id – Sebanyak 171 alumni Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor mengikuti Bimbingan Teknik (Bimtek) Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) Rabu (28/08) yang dilaksanakan serentak di Jurusan Pertanian dan Jurusan Peternakan.

Selain alumni yang tergabung dalam 51 kelompok, bimtek diikuti juga oleh 91 peserta dari perguruan tinggi, sekolah dan pondok pesantren mitra Polbangtan Bogor. Sekitar 50 kelompok yang berasal dari IPB, UNPAD, UNILA, USIL, UNSRI, UNTIRTA, Politeknik Negeri Lampung, SMK PP, dan Ponpes Miftahul Jannah.

Kepala Bagian Administrasi Aademik, Kemahasiswaa, dan Alumni (BAAKA), Ir. Iwan Patria sebagai penyelenggara bimtek menuturkan. Bimtek ini untuk menyamakan pemahaman dan persepsi agar mindset kita tentang PWMP sama.

“Bahwa kesuksesan itu tidak datang dengan sendirinya, maka jalan untuk meraihnya dengan berusaha,” pesan Iwan di hadapan peserta bimtek.

Direktur Polbangtan Bogor, Dr. Ir. Siswoyo, MP membuka acara di Jurusan Peternakan, sedangkan Wida Pradiana, SP., M.Si selaku Wakil Direktur III mewakili Direktur Polbangtan Bogor membuka acara secara resmi di Jurusan Pertanian.

Dalam sambutannya Wida menuturkan bahwa Program PWMP dirancang untuk menjadikan lembaga pendidikan sebagai center of agripreneur development berbasis inovasi agribisnis dengan bantuan modal usaha kepada pelajar/mahasiswa/alumni yang konsen terhadap dunia usaha pertanian.

“Program ini akan dilaksanakan selama tiga tahun dimana tahun pertama adalah tahap penyadaran dan penumbuhan, sedangkan tahun kedua adalah tahap pengembangan, tahun ketiga adalah tahap pemandirian,” jelas Wida.

Beberapa materi disampaikan pada bimtek ini, seperti digital marketing, potensi usaha hidroponik, berjaya dengan usaha budidaya, motivasi dan strategi wirausaha sukses bidang domba/kambing, motivasi dan strategi wirausaha sukses, serta internet marketing. [AP]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *