mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Siapkan Alumni sebagai Job Seeker, BPI Sosialisasi di Polbangtan Bogor

Sebagaimana telah dikatakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk mengoptimalkan sektor pertanian ke depan tidak lepas dari peran pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Merespon hal tersebut, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Prof. Dedi Nursyamsi telah mencanangkan tiga program aksi yaitu, Gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani), penyuluhan pendidikan vokasi dan pelatihan mendukung petani pengusaha milenial, penyuluhan pendidikan vokasi dan pelatihan mendukung program utama Kementan.

Beberapa waktu yang lalu BPPSDMP telah menandatangani MoU dengan Best Planter Indonesia (BPI) tentang Program Pelatihan Asisten Unggul. BPI adalah lembaga diklat perkebunan khususnya sawit yang bekerjasama dengan BPPSDMP Kementan untuk menyediakan mahasiswa lulusan kampus Polbangtan (Politeknik Pengembangan Pertanian) untuk siap kerja di perusahaan sawit. Perekrutan mahasiswa Polbangtan ini free charge bagi perusahaan, sehingga lebih hemat biaya rekrutment dibandingkan program beasiswa.

Selasa yang lalu (11/02), sebanyak 109 mahasiswa tingkat 3 Program Studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan (PPB) Jurusan Pertanian mengikutiti sosialisasi masuk dunia kerja yang diselenggarakan oleh BPI. Sosialisasi ini diikuti dengan proses seleksi calon peserta pelatihan asisten unggul (PAU) tahun 2020.

Ketua Jurusan Pertanian Rudi Hartono menuturkan bahwa pada seleksi kali ini diawali dengan tes minat dan bakat, psikotes dan terakhir wawancara. “Kedepan mahasiswa diharapkan bisa diterima di dunia kerja sebelum wisuda,” jelas Rudi.

Jika perusahaan melakukan rekrutmen mahasiswa Polbangtan Bogor, ada nilai plus yang didapat perusahaan, yaitu peserta lolos seleksi mendapatkan Pelatihan Dasar Planter selama 18 hari free charge bagi perusahaan, semua biaya pelatihan ditanggung BPPSDMP.

Pelatihan yang diberikan meliputi : Pelatihan Karakter 10 hari di Dodik Belanegara, Rindam IV Diponegoro. Selanjutnya Pelatihan Sikap Mental 1 hari di BPI. Adapun yang terakhir Pelatihan Kompetensi Dasar Planter 7 hari di BPI.

Materi pelatihan meliputi:

  1. Pelatihan Karakter
  2. Pelatihan Sikap Mental
  3. Pelatihan Kompetensi Dasar Planter

Pewarta : Arif Prastiyanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *