mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Kunjungi Polbangtan Bogor, Lutfi Halide Bicara Kiat Sukses Menjadi Petani Milenial

“Sebagaimana pesan Menteri Pertanian, kalian tidak akan miskin ke depan karena kalian sudah berada di tempat yang tepat, kamu sudah berada di jalan yang benar karena pertanian sangatlah menjanjikan untuk keluar dari kemiskinan, kecuali kalian mengingkari dan berpura-pura terhadap apa yang dimiliki dan tidak tulus dalam menghadapi kehidupan ini,” ungkap Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor, Siswoyo menirukan ucapan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Hal itu disampaikan saat membuka acara Kuliah Umum bersama Staf Khusus Mentan Lutfi Halide, Kamis (27/02) di Aula Kampus Cibalagung.

Suasana aula begitu bergemuruh saat para petani milenial meneriakkan yel-yel Polbangtan Bogor penuh semangat menyambut kehadiran Lutfi Halide. Kedatangan pria kelahiran Soppeng 60 tahun yang lalu ini didampingi perwakilan Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) Ismayanti Nita Rianti Parawansa selaku Kepala Bidang Penyelenggaraan Pendidikan.

Lutfi memberikan paparan kuliah umum tentang ‘Kiat Sukses Menjadi Petani Milenial Untuk Mewujudkan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern’. Banyak pengalaman empiris yang dilaluinya yang mengantarkan kesuksesannya sebagai pejabat sekaligus pengusaha. Menurutnya, kiat sukses menjadi petani milenial harus diawali dengan mengubah pola pikir kita. “Pola pikir yang berorientasi menjadi karyawan sekarang diubah menjadi berorientasi untuk mencari karyawan (pengusaha),” tegasnya.

Alumni Universitas Hasanuddin ini juga mengungkapkan bahwa ciptakan suatu iklim yang dapat mengubah pola pikir untuk menciptakan lapangan pekerjaan, bukan mencari pekerjaan. Lebih sempurna lagi jika menjadi pegawai sambil berwirausaha. Oleh karena, menurut Lutfi perubahan pola pikir harus dilakukan secara bertahap. “Pertama mendirikan sekolah yang berwawasan wirausaha, Kedua pendidikan kewirausahaan perlu ditekankan keberanian untuk memulai berwirausaha, dan Ketiga tanamkan keyakinan bahwa dengan berwirausaha masa depan ada di tangan kita, bukan di tangan orang lain,” papar Lutfi.

Pada akhir paparannya, Lutfi memberikan kiat sukses menjadi petani milenial. Dirinya mengatakan bahwa sukses adalah hak saya, hak mahasiswa Polbangtan Bogor, dan hak siapa saja yang mau berjuang. “Untuk itu kalian harus memilki sifat-sifat bermoral, jujur, berani dan bertanggung jawab, keyakinan kuat, kerja keras, disiplin, dan mengembangkan potensi diri,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID