mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Mahasiswa Polbangtan Kementan Raih Gelar Putera Padi Jawa Barat 2020

GARUT – www.polbangtan-bogor.ac.id | Masa-masa perkuliahan adalah masa yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam menimba ilmu dan pengalaman. Ilmu diperlukan untuk mengasah hard skill yang nantinya diperlukan setelah lulus. Sedangkan pengalaman diperlukan untuk mengasah soft skill sehingga seorang lulusan dapat menjadi semakin hebat di bidang yang ditekuninya.

Ilmu dapat ditimba lewat kegiatan perkuliahan, praktikum, dan field trip. Selain itu, kegiatan webinar yang semakin banyak selama masa pandemi dapat memudahkan mahasiswa untuk memperoleh ilmu tanpa mengeluarkan terlalu banyak uang dan tenaga. Adapun kegiatan yang dapat mengasah soft skill berupa kegiatan lomba maupun organisasi. Mahasiswa dituntut berpikir kreatif dan memiliki kemampuan interaksi antar personal yang baik.

Tio Mahendra Lubis, mahasiswa Prodi Teknologi Mekanisasi Pertanian, Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor angkatan 2019 memilih menghabiskan waktu di sela perkuliahan daring dengan mengikuti kegiatan Pemilihan Putera Puteri Padi Jawa Barat. Seleksi acara pemilihan dimulai dari kegiatan menulis essai mengenai Ketahanan Pangan, diikuti dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait pertanian lewat Instagram, lalu mengikuti Materi Online Virtual dari lembaga pertanian, wirausahawan, dan platform Digital Pertanian. Tio dinyatakan menjadi salah satu dari 30 peserta yang berhak mengikuti kegiatan karantina yang berlangsung pada tanggal 18 – 20 Agustus 2020 di Garut, Jawa Barat. Latar belakang 30 finalis tersebut juga bervariasi, tidak hanya diikuti mahasiswa melainkan juga diikuti oleh chef, guru, dan aktivis.

Selama masa karantina, Tio memperoleh materi dari BNN dan Dinas Ketahanan Pangan, ditugaskan untuk membuat pidato mengenai Ketahanan Pangan di Masa Pandemi, unjuk bakat, materi public speaking dan personal branding, photoshoot dan videoshoot, Deep interview, dan wawancara Top 5.

Selama masa pemilihan, Tio mengaku memperoleh banyak sekali ilmu dan pengalaman. Latar belakang finalis yang bermacam-macam membuatnya menjadi kenal dengan banyak pihak. “Pemilihan ini membuat saya melatih diri dan lebih percaya diri. Selain itu, menambah wawasan di dunia pertanian dan non-pertanian” ujar Tio.

Berkat kerja kerasnya, Tio berhasil menjadi Juara 2 Putera Padi Jawa Barat 2020. Tio diganjar dengan piala, cenderamata, sash, dan sejumlah produk sponsor. Maju terus mahasiswa pertanian Indonesia!

Pewarta : Annisa Nur

Editor : DHM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bahasa >>