mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Dorong Keberlanjutan Regenerasi Petani, Kementan Tingkatkan Sinergi dengan Pemda Subang

SUBANG – https://polbangtan-bogor.ac.id | Dalam membangun sinergitas dan keberlanjutan di tingkat kabupaten serta upaya mendukung keberhasilan program pengembangan tenaga-tenaga muda di pedesaan, Kementerian Pertanan melalui Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) terus mendorong dan meningkatkan minat tenaga-tenaga muda atau generasi milenial untuk menekuni sektor pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan petani-petani muda harus bisa mengambil peran dalam pengembangkan pertanian.

“Harapannya melalui petani-petani milenial itu akan muncul inovasi-inovasi lain yang mendorong pertanian modern, sehingga swasembada pangan di negara kita nantinya benar-benar terwujud,” kata Menteri Syahrul.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan instansinya siap untuk terus meningkatkan kualitas SDM. Salah satunya dengan regenerasi petani.

“Kami gerakkan petani milenial melalui balai pelatihan pertanian serta politeknik pembangunan pertanian. Kami ciptakan job seeker dan job creator yang siap memompa kreativitas dan produktivitas,” tutur Dedi.

Pada kegiatan District Multi Stakeholders Forum (DSMF) yang bertempat di Aula BP4D Kabupaten Subang minggu lalu, Detia Tri Yunandar, Direktur Polbangtan Bogor mengatakan, melalui forum ini diharapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dapat secara bersama-sama mendukung dan mensukseskan Program ini dalam rangka menumbuhkan wirausaha muda pertanian dan penciptaan lapangan kerja bagi mereka.

Kegiatan DMSF ini merupakan awal langkah memasuki kegiatan dan pelatihan Program YESS tahun 2022, dihadiri oleh beberapa peserta diantaranya adalah Tim Koordinasi Program YESS di masing-masing Kabupaten District Coordination Team (DCT), District Implementation Team (DIT), unsur dinas terkait, perbankan, Kadin, Organisasi Profesi, DPM/DPA, dan perwakilan CPM/PM.

“Kegiatan YESS tahun ini merupakan tahun ke-3 dari 5 (lima) tahun Program YESS. Sebagai informasi, Calon Penerima Manfaat (CPM) Program YESS PPIU Jawa Barat yang telah terdaftar pada sistem MIS (Management Information System) sebanyak 34.036 orang. Dari total CPM tersebut, dari Subang sebanyak 7.879 orang”, jelas Detia.

“Selain itu (program YESS) juga bersinergi dengan pemprov terkait program petani millennial. Untuk itu diharapkan melalui sinergi dan kolaborasi dengan Program YESS, agenda penting tersebut dapat terlaksana dengan baik. Tandas Detia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bahasa >>