mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Mahasiswa Polbangtan Bogor Menjadi Peserta Pendidikan Dan Latihan Dasar Kemiliteran Resimen Mahasiswa Mahawarman Jawa Barat

BOGOR – https://polbangtan-bogor.ac.id | Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain melakukan pembelajaran akademik juga mendukung setiap kegiatan kemahasiswaan. Diantaranya memfasilitasi mahasiswa yang tergabung ke dalam Resimen Mahasiswa (Menwa) melaksanakan Pendidikan dan Latihan Dasar Kemiliteran Mahasiswa Mahawarman Jawa Barat Gelombang II Tahun Anggaran 2022.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) meyakini kaum milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern.
Menurutnya pendidikan vokasi punya peran penting hasilkan petani milenial yang berjiwa entrepeneur. “Melalui pendidikan vokasi kita menghubungkan dengan industri-industri agar lulusannya sesuai dengan kebutuhan, dan siap untuk hal-hal yang baru”, tambahnya.

Terpisah Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, menekankan pentingnya peran pendidikan vokasi dalam mencetak SDM yang handal karena tonggak utama pembangunan pertanian berada ditangan SDM yang berkualitas.
“Pendidikan vokasi punya peran penting hasilkan petani milenial yang berjiwa entrepreneur. Melalui pendidikan vokasi kita menghubungkan dengan industri-industri agar lulusannya sesuai dengan kebutuhan, dan siap untuk hal-hal yang baru,” jelasnya.

Kegiatan yang berlangsung di Unla, Bandung ini berlangsung selama 14 hari, yaitu pada 21 April – 6 Maret 2022. Kegiatan ini diikuti oleh 69 orang peserta dari beberapa perguruan tinggi seperti termasuk 10 orang diantaranya berasal dari Polbangtan Bogor.

Tujuan kegitatan ini secara global adalah untuk meningkatkan kedisiplinan, yang nantinya dapat mahasiswa terapkan di kampus. Agiel Muhamad, yang menjadi Komandan Latihan mengatakan bahwa latihan dasar ini membutuhkan kader terbaru. “Pendidikan ini, peserta memang sedikit. Penyesuaian kaldik, semangat anak anak ada.. walaupun. Menwa penting untuk dikampus stabilisator disamisator dikampus, penggerak aktif dalam organisasi”, ujarnya.

Latsar ini sebagai agenda tahunan adapun beberapa kegiatan didalamnya seperti masa basis selama 6 hari, di materi peraturan militer dasar didalamnya ada PBB dan PUDD. Selain materi fisik, latihan ini juga diimbangi dengan pembinaan jasmani lalu materi lainnya teknik pertempuran dasar survival kesehatan lapangan.

Pada hari terakhir, seluruh peserta latihan melaksanakan latihan berganda. Dimana materi diajarkan tentang caraka malam, ilmu medan, penghadangan, nikputsar, survival, dan lempar pisau.
Usep Rizab, selaku Sub Koordinator bagian Kemahasiswaan mengatakan harapannya terhadap pelatihan ini. “Dengan pelatihan ini diharapkan mahasiswa khususnya anggota Menwa yang telah mengikuti pelatihan menjadi karakter yang berintegritas tinggi sehingga dapat menjadi pertahanan utama negara dan memperoleh ilmu yang bermanfaat sehingga bisa diteruskan dari generasi ke generasi, terima kasih kepada seluruh anggota Menwa Polbangtan Bogor yang telah berperan aktif dalam kegiatan ini”, ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *