mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Siap Terjun Ke Masyarakat, Mahasiswa Polbangtan Kementan Giat Lakukan Simulasi Penyuluhan

BOGOR – https://polbangtan-bogor.ac.id | Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) merupakan pendidikan tinggi berbasis vokasi di bidang pertanian, dimana target lulusannya nanti ditujukan untuk meningkatkan mutu pertanian melalui kualitas sumber daya pertanian.

Pada pelaksanaannya, Polbangtan Bogor khususnya program studi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan (PPKH) melaksanakan simulasi penyuluhan. Praktikum yang dilaksanakan pada Jumat, (8/4/2022) ini bertujuan melatih para mahasiswa lebih menguasai skill penyampaian ilmu pertanian kepada masyarakat.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan Penyuluh Pertanian merupakan garda terdepan mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi lumbung pangan. “Kalian (penyuluh pertanian) adalah otaknya petani, pemegang manajemen pertanian di lapangan. Kalian yang menunjukkan mulai dari hulu ke hilir, mulai dari tanam sampai petik hingga jual,” seru Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo kepada para penyuluh pertanian penuh semangat.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, menyampaikan bahwa petani milenial mempunyai peran penting dalam melanjutkan pembangunan disektor pertanian.

“Tunjukan bahwa BPPSDMP dapat menjadi pionir untuk peningkatan kapasitas penyuluh dan petani. Kita harus bekerja keras, cepat, cermat dan akurat.

Tinggalkan cara-cara lama dan gunakan cara-cara baru berbasis internet of things,” kata Dedi Nursyamsi.

Detia Tri Yunandar, selaku Direktur Polbangtan Bogor mengatakan ini merupakan upaya dari kampus untuk melatih skill komunikasi mahasiswa. “Pendidikan vokasi selalu berbasis praktik di lapangan. Sehingga ketika lulus nanti, mahasiswa sudah terbiasa memberikan penyuluhan dan langsung siap terjun di masyarakat”, ujarnya.

Penyuluhan pertanian merupakan proses pembelajaran bagi pelaku utama serta pelaku usaha agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan, dan sumberdaya lainnya, sebagai uapaya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, pendapatan dan kesejahteraannya serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup.

Metode Penyuluhan yakni cara yang dipergunakan untuk mendekatkan penyuluh dengan sasaran penyuluhan. Setiap petani belajar dengan cara yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan dalam menangkap pesan yang diterimanya, ada yang cukup mendengar saja, atau melihat dan ada juga yang harus mempraktikkan dan kemudian mendistribusikan.

Teknik Penyuluhan yakni cara mempertemukan sasaran penyuluhan dengan materi penyuluhan adapun teknik penyuluhan yang bias dipilih diantaranya anjangsana, sekolah lapang, Studi banding, kursus, dan Demonstrasi.

Melatih Mental Mahasiswa dengan bicara didepan orang banyak. Tidak sedikit orang demam panggung atau grogi saat berbicara didepan orang banyak, jam terbang dan pengalaman disertai keberanian menjadi alasan orang mampu melewati permasalahan tersebut. Dari hal tersebut maka praktikum seperti simulasi penyuluhan pertanian didepan orang banyak seperti ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri setiap mahasiswa.

Andre, salah satu mahasiswa tingkat 1, Prodi PPKH semangat mengikuti pembelajaran ini. “Dengan belajar langsung seperti ini, saya dapat mengutarakan pemikiran saya dalam hal inovasi pertanian peternakan dan juga dapat bertukar ide dengan teman mahasiswa lainnya, menambah kepercayaan, serta pengalaman bahwa penyuluhan itu mudah dan asyik”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *