mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Jelang Idul Fitri, Satgas Pangan Kementan Terus Pantau Stok Pangan Aman

BOGOR – https://polbangtan-bogor.ac.id | Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan stok dan harga bahan pangan di Kabupaten Bogor menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah (H) dalam kondisi stabilm Hal itu dilakukan pada Sabtu, 23 April 2022, tim Kementan melalui Satgas Pangan Jawa Barat yaitu Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor turun langsung berkunjung ke Pasar Cibinong Kabupaten Bogor.

Sebagimana arahan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL), yang meminta seluruh jajarannya untuk memastikan stok pangan di pasaran saat Ramadhan dan jelang Idul Fitri untuk menjamin kebutuhan masyarakat tak terganggu sama sekali.

“Kami ingin memastikan bahwa kebutuhan bahan pokok masyarakat tak terganggu. Kami ingin memastikan bahwa ketersediaan pangan tak boleh berkurang. Pangan adalah hal krusial yang harus terus tersedia,” kata Mentan SYL.

Begitu juga dengan arahan Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan jaminan ketersediaan pangan merupakan salah satu pilar yang menjadi fokus perhatian Kementan. “Penting untuk harus terus menjamin kebutuhan pangan agar tak ada satu orang pun yang luput pemenuhan kebutuhan pangannya. Oleh karenanya, mari kita bahu membahu dalam hal swasembada pangan agar ketahanan pangan kita terjamin,” kata Dedi.

Direktur Polbangtan Bogor bersama Kepala Bidang Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor memastikan harga dan stok pangan di Pasar Cibinong dalam kondisi aman.

Terpantau harga dan stok pangan stabil tidak ada lonjakan harga yang drastis. Pedagang Pasar Cibinong dan Suplier Cibinong yang memberikan harga dapat berpengaruh terhadap kestabilan harga.

Seimbangnya pasokan barang dan permintaan barang dapat dipenuhi oleh suplier terkecuali minyak curah. Namun beberapa minggu ini mengalami kenaikan dibeberapa komoditas pangan, akan tetapi kenaikan tersebut masih dibawah 10% dan dinyatakan aman.

“Harga stabil di Pasar Cibinong tetapi apabila dibandingkan dengan pasar lain misal Pasar Anyar, Pasar Cibinong mengalami kenaikan harga lebih tinggi sekitar 5-10%. Karena ada beberapa pedagang yang mengambil barang di suplier Pasar Anyar, dan hampir rata-rata mengambil barang dari suplier daerah Cibinong”. Kata Rosmalia (Kepala Bidang Dinas Ketahanan Pangan Kab. Bogor)

Direktur Polbangtan Bogor (Detia Tri Yunandar) menyampaikan bahwa Ketersediaan dan harga bahan pangan utama seperti beras, jagung, telur ayam, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi, daging ayam, gula pasir masih dalam kondisi aman kecuali minyak curah.

Kondisi kondusif pangan ini merupakan sinergi yg baik antara pemerintah pusat daerah, oleh karena itu para konsumen mengucapkan apresiasi kepada pemerintah daerah yg telah mengawal ketersediaan pangan dan khususnya kepada Bapak Menteri Pertanian yg telah membantu intervensi ketersediaan pangan stabil menjelang lebaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pengumuman

Berita Lainnya

id_IDID