mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Polbangtan Kementan Gencarkan Audit Internal

BOGOR – https://polbangtan-bogor.ac.id | Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor menggelar Workshop Audit Mutu Internal (AMI) di Hotel Ibys Styles, Bogor. Kegiatan audit mutu merupakan backbone suatu Perguruan Tinggi. AMI Tahun Akademik 2021/2022 Semester Ganjil akan berfokus kepada audit UPPS dan Program Studi.

AMI pada Jurusan/Prodi mengacu pada standar isi pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan penilaian pembelajaran, dan bagi Satuan Pendukung (UPPS/Jurusan) dilaksanakan audit standar dosen dan tenaga kependidikan, standar sarana prasarana pembelajaran dan standar pembiayaan pembelajaran.

Dengan adanya proses AMI ini diharapkan agar Polbangtan Bogor dapat mengendalikan serta meningkatkan mutu pembelajaran ke depannya melalui rekomendasi kepada Pimpinan yang diberikan oleh Tim Auditor atas temuan yang diperoleh pada kegiatan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM). Karena itu, dukungan Pimpinan sebagai pengambil kebijakan sangat menentukan keberhasilan mutu pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarat.

Demi meningkatan kualitas mutu internal dari civitas akademika, Unit Penjaminan Mutu (UPM) Polbangtan Bogor mendatangkan narasumber yang qualified dibidangnya. Yaitu Manajemen Mutu dan Audit Internal IPB University, Dr drh Chairun Nisa, M.Si.
Peserta yang dihadirkan sebanyak 35 orang yang terdiri atas pejabat struktural, pimpinan unit Polbangtan Bogor dan tim Unit Penjaminan Mutu (UPM).

Detia Tri Yunandar, selaku Direktur Polbangtan Bogor mengatakan bahwa AMI harus dijadikan sebagai alat evaluasi kondisi dan capaian prodi. “AMI diharapkan dapat membantu prodi untuk persiapan reakreditasi, dan mencegah prodi masuk dalam pemantauan, persiapan akreditasi BAN-PT”, ujarnya.

Menurut Detia, prodi harus dapat mengevaluasi hasil dari AMI dan menindaklanjuti temuan-temuan hasil audit sebelum pelaksanaan audit mutu selanjutnya.
Wasrob Nasruddin selaku lead auditor menyatakan, penyelenggaraan Workshop Audit Mutu Internal Polbangtan Bogor Tahun 2022 ini merupakan proses akhir dari pelaksanaan audit mutu yang dilaksanakan oleh Unit Penjamin Mutu (UPM) Polbangtan Bogor.

Laporan audit bersumber dari kegiatan Audit Mutu melalui Sistem Informasi Penjaminan Mutu (SIJAMU) dan hasil laporan audit periode sebelumnya. Kegiatan AMI akan dilanjutkan pada Periode 2 pada bulan November 2022.

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo meyakini melalui pendidikan vokasi pada Politeknik Pembangunan Pertanian [Polbangtan] akan hadir para petani milenial yang berkualitas.

“Dengan pendidikan vokasi, kami berharap hadir petani milenial yang mampu memberikan inovasi dalam pertanian, karena bagaimana pun, masa depan pertanian berada di pundak generasi milenial,” katanya.

Sedangkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian [BPPSDMP] Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan guna mendukung pembangunan pertanian maju, mandiri dan modern, perlu dilakukan penyiapan, pencetakan SDM pertanian unggulan.

“Melalui pendidikan vokasi, Kementan melahirkan SDM yang kompetitif sebagai tenaga kerja pertanian andal dan unggul [job seeker] serta sebagai pengusaha pertanian milenial andal, kreatif, inovatif, profesional, serta mampu menyerap lapangan pekerjaan sektor pertanian sebanyak mungkin [job creator],” kata Dedi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID