mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Pastikan Stok Pangan Akhir Tahun Aman, Tim Satgas Kementan Tinjau Pasar Cibinong

BOGOR – https://polbangtan-bogor.ac.id Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor menjadi tim Satgas Pangan Kementerian Pertanian untuk wilayah cakupan Jawa Barat melakukan monitoring ketersediaan stok kebutuhan pangan masyarakat di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor pada Selasa (27/12/2022).

Sebagaimana arahan Menteri Pertanian RI bahwa kepada seluruh jajarannya di Kementan untuk turun langsung ke lapangan memantau dan mengawal harga dan ketersediaan pangan, khususnya 12 komoditas pangan strategis menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Tugas Kementan menjaga ketersediaan pangan, Presiden juga minta kepada semua Menteri dan semua pihak yang terkait dengan pertanian untuk mempersiapkan ketersediaan pangan kita di Natal dan Tahun Baru,” jelas Mentan Syahrul.

Menindaklanjuti arahan tersebut, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi langsung mengerahkan jajaran termasuk penyuluh pertanian memantau harga dan stok pangan di pasar.

“Bahan pangan sangat dibutuhkan menjelang Nataru, karena itu kita meminta agar seluruh jajarannya baik di pusat dan daerah bekerja efektif dan maksimal untuk memastikan bahan pangan khususnya 12 komoditas pangan strategis tersedia di masyarakat,” ucap Dedi.

Tim Satgas Pangan Polbangtan Bogor mengecek stok pangan untuk komoditas Beras, Telur Ayam, Cabai Besar, Cabai Rawit, Bawang Merah, Bawang Putih, Daging Ayam, Daging Sapi, Gula Pasir, dan Minyak Goreng.
Detia Tri Yunandar, Direktur Polbangtan Bogor ikut terjun langsung turun ke lapangan melihat stok bahan pangan. Menurut Detia, rata-rata harga mengalami kenaikan menjelang akhir tahun. “Untuk beras, stok alhamdulillah aman. Harga awal Desember bekisar antara 8.500 – 9.000 rupiah sekarang menjadi 10.000 rupiah per kilo gram”, ujarnya.

Harga telur ayam yang semula Rp 32.000 /kg, sekarang turun menjadi Rp. 29.000 /kg. Cabai keriting Rp 45.000/ kg. Cabai merah Rp. 60.000/kg. Cabai Hijau Rp 60.000/kg. Bawang merah Rp. 35.000/kg. Daging ayam naik menjadi Rp 38.000/kg. Gula pasir stagnan di Rp 14.000/kg. Dan harga minyak goreng curah sebesar Rp 17.000/ liter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *