mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Eduwisata, Sarana Polbangtan Kementan Giatkan Konsumsi buah dan sayur Lokal

Bogor – https://polbangtan-bogor.ac.id Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor mendapat kunjungan dari siswa-siswi SDIT Insantama Bogor untuk Agroedusiwata, sebagai program pengenalan anak sekolah dasar di bidang pertanian (31/01).

Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian dan Direktorat Jendral Prasarana Pertanian melaunching Edu Wisata Smart Greenhouse di Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor tahun 2020 lalu.

Dalam kesempatan lauching Edu Wisata tersebut, Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo menyampaikan dengan adanya Edu Wisata merupakan upaya Kementerian Pertanian dalam moderenisasi pertanian yang harapannya generasi muda mau terjun di bidang pertanian.

“Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, jejaring hingga pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda, bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemi ini ya pertanian,” jelas Mentan Syahrul.

Dedi Nursyamsi, Kepala BPPSDM Pertanian mengungkapkan hal senada.
“Disini tempat (Eduwisata Red) anak – anak belajar, sistem bagaimana smart agriculture dibangun, microklimat dikendalikan, maka produktifitas, kualitas ada di tangan kita serta kontinyuitas bisa kita atur sedemikian rupa” ungkap Dedi.

Kunjungan SDIT Insantama Bogor kali ini dilakukan oleh siswa-siswi kelas 2, sebanyak 112 siswa dengan 11 guru pendamping. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia pertanian kepada anak-anak, sekaligus belajar di luar kelas.

Bermain dan Belajar di luar kelas (Outing class), mempelajari konsep matematika berhitung, mengukur tinggi, Panjang dan berat yang dikemas dengan pembelajaran pertanian secara menyenangkan.

Adapun kegiatan yang dilakukan selama mengikuti program agroweduwisata di kampus Cibalagung, siswa-siswi SDIT Insantama diajarkan hal sebagai berikut: Menanam dan panen, Tour keliling Smart Green House, Naik tractor, Wahana air dengan perahu karet, Menangkap ikan, Demo es krim (free es krim), dan Mini games.

Kegiatan yang menyenangkan adalah pengalaman pertama anak-anak memanen sayuran terutama sayuran bayam, dan memanen buah melon kualitas unggul yang di budidaya di Smart Greenhouse model DFT dimana para siswa dijelaskan bagaimana menanam,memelihara serta cara memanen buah melon tersebut serta dijelaskan keunggulan dari smart greenhouse yaitu semua dapat di atur melalui teknologi smartphone dimana pengaturan suhu, kelembaban, penggerak kipas semua dapat di atur melalui hanphone berbasis aplikasi android.

Kegiatan dikoordinir oleh Jurusan Pertanian Polbangtan Bogor yang melibatkan pendamping mahasiswa Polbangtan Bogor, kolaborasi dari prodi Penyuluh Pertanian Berkelanjutan, Agribisnis dan Hortikultura serta Prodi Teknologi Mekanisasi Pertanian.

Antusiasme siswa sangat tinggi terlihat dari semangat dan rasa ingin tahu yang besar. Dengan kegiatan ini diharapkan anak – anak dapat merasakan begitu dekatnya dengan alam memiliki rasa cinta terhadap sayuran dan buah terutama begitu pentingnya kita untuk mengkonsumsi buah dan sayur agar memiliki tubuh yang sehat dan kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID