mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Cheerful Pet, Usaha Pet Grooming Mahasiswa Polbangtan Kementan

BOGOR – https://polbangtan-bogor.ac.id Memelihara hewan kesayangan saat ini tak hanya sekedar memenuhi rasa kecintaan manusia pada hewan peliharaannya saja tetapi menjadi peluang berorientasi ekonomi bahkan menjadi “ladang” profit baru.

Adalah kelompok Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) Jurusan Peternakan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor yang melihat peluang ini dengan membuka usaha jasa perawatan hewan peliharaan bertajuk Cheerful Pet. Kelompok PWMP ini beranggotakan 4 mahasiswa yaitu Audry Januarisca, Andini Pratama Apriyanti, Azizah Yulistiani, dan Alifa Rahmadhaniya.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, meyakini kaum milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern.

“Kementerian Pertanian terus mendorong peran penting generasi muda dalam pembangunan pertanian, generasi penerus yang akan membangun bangsa yang makin maju, mandiri dan modern. Tanggung jawab tidak hanya dalam penyediaan pangan tapi juga mampu berinovasi secara kreatif, dan berwirausaha tegas Mentan Syahrul.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, menekankan pentingnya peran pendidikan vokasi dalam mencetak SDM yang handal karena tonggak utama pembangunan pertanian berada ditangan SDM yang berkualitas.

“Untuk mencapai produktivitas pertanian yang tinggi, hal utama yang paling utama yaitu tersedianya SDM Pertanian yang unggul, andal, profesional, dan mandiri serta berjiwa enterprenur tinggi,” tegas Dedi.

Didukung oleh program regenerasi petani besutan Kementan dan International Fund of Agriculture, Youth Enterpreneur and Employment Support Services (YESS) Cheerful Pet menyediakan 3 layanan yaitu Pet Shop, Pet Grooming, dan Pet Hotel. Masing-masing layanan memiliki tarif yang beragam.

Paket Grooming sehat dimana keadaan hewan yang dilayani sehat dan terawat tarifnya pun relatif murah mulai dari Rp.50.000 sudah bisa mendapatkan pelayanan keramas, gunting kuku, dan diajak main setelahnya agar tetap terjaga kesehatan mentalnya.

Ada juga paket Grooming Special bagi hewan yang tidak terawat dan tidak mau makan, otomatis akan mendapatkan perawatan ekstra yaitu Rp.60.000 saja sudah bisa memanjakan peliharaan yang anda sayangi.

Selanjutnya layanan Pet Shop menyediakan berbagai macam kebutuhan hewan peliharaan. Ada pakan hewan, pasir, tenda, cargo, obat-obatan, serta keperluan grooming. Harga pakan hewan yang di tawarkan juga relatif bersahabat mulai dari Rp.15.000- Rp 35.000 tergantung merk pakan hewan. Sedangkan Pet Hotel merupakan layanan penitipan hewan dengan tarif Rp.50.000/hari sudah termasuk pakan.

Menjalankan usaha perawatan hewan peliharaan yang di jalankan pada awal Juli 2022 ini memiliki tantangan tersendiri bagi kelompok Cheerful Pet. Karena masih harus menyelesaikan tugas di sela-sela jam perkuliahan yang cukup padat ataupun adanya kegiatan kampus yang lain.

Audry, anggota kelompok Cheerful Pet mengatakan masih banyak yang menggunakan Cheerful Pet di sekitar Polbangtan Kampus Cinagara, bahkan beberapa ada yang datang dari Sukabumi.

“Sejauh ini kami masih memasarkan ke daerah sekitar karena persaingan online sangat ketat dan membutuhkan modal lebih untuk meingiklankan jasa kami”, tutur Audry.

Audry menambahkan, bahwa usaha perawatan hewan peliharaan ini cukup memberikan keuntungan yang signifikan. Audry berharap, dengan segala tantangan dan keterbatasan dalam memasarkan jasanya ini, Cheerful Pet akan terus konsisten menjalankan usaha sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *