mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Kunjungi Pasar Cibinong, Satgas Pangan Kementan Pastikan Stok Aman

BOGOR – https://polbangtan-bogor.ac.id Jelang bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor dibawah naungan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian bergerak cepat memantau ketersediaan dan harga bahan pangan di Pasar Cibinong, Kab. Bogor (27/02).

Dalam hasil pantauan tersebut didapat bahwa cabai terus mengalami penurunan harga yaitu berawal Rp80.000/kg menjadi Rp65.000/kg, dan diprediksi turun sampai menjelang bulan Ramadhan. Namun harga daging sapi diperkirakan bisa menaik sampai menjelang Idul Fitri, walaupun adanya kenaikan tetap dipastikan masih dalam kategori stabil. Meskipun beberapa harga pangan pokok mengalami fluktuasi, namun stoknya dipastikan aman.

Tim Satgas Pangan Polbangtan Bogor didampingi Tim Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor dan Kepala Unit Pasar Cibinong berkeliling menemui pedagang pasar yang menjual komoditas pangan strategis.

Terpantau saat ini kondisi Pasar Cibinong memiliki daya beli yang masih rendah meskipun harga bahan pangan turun. Hal ini diperkirakan karena adanya stok barang yang melimpah. Namun demikian, stok komoditas pangan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan nasional menjelang hari besar keagamaan nanti.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, menjamin stok komoditas pangan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan nasional menjelang tren peningkatan permintaan pada momen Ramadhan dan Lebaran 2023.

“Sejauh ini, dalam hitungan neraca kita, semua (komoditas pangan) aman,” kata Mentan Syahrul.

Terkait kenaikan harga pangan dari sektor pertanian, Syahrul mengatakan Kementan fokus pada ketersediaan pangan.
“Bahwa kenaikan harga dan lainnya, tentu semua pihak harus ikut terlibat bersama-sama,” jelas Syahrul.

Arahan Menteri Pertanian ini kemudian diimplementasikan oleh Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi dengan langsung mengerahkan jajaran untuk memantau harga dan stok pangan di pasar.

“Bahan pangan pokok sangat dibutuhkan menjelang hari besar keagamaan, karena itu kita meminta agar seluruh jajaran di pusat dan daerah bekerja efektif dan maksimal untuk memastikan bahan pangan khususnya 12 komoditas pangan strategis tersedia di masyarakat,” kata Dedi.

Berikut data yang didapat dalam pengecekan ketersediaan dan harga bahan pangan di Pasar Cibinong.

Beras = Rp9.000/liter menjadi Rp11.000/liter
Beras Premium = Rp10.000/liter menjadi Rp12.000/liter
Beras Merah = harga cukup stabil
Beras Hitam = harga meningkat
Minyak goreng curah = relatif stabil, Rp16.000/kg
Minyak goreng subsidi = Rp14.000/kg menjadi Rp16.000/kg
Gula pasir = stabil, Rp14.500/kg
Ayam = Rp30.000/kg menjadi Rp33.000/kg
Telur ayam = Rp28.000/kg menjadi Rp26.000/kg
Daging sapi = masih stabil, Rp130.000/kg.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID