mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Sambangi Pasar Pondok Gede, Satgas Pangan Kementan Pastikan Stok Aman

BEKASI – https://polbangtan-bogor.ac.id Satgas Pangan Kementerian Pertanian meninjau pasokan pangan di Pasar Pondok Gede, Senin (06/03). Tujuannya adalah untuk memastikan produksi dan ketersediaan menjelang Ramadhan aman.

Tim Satgas Pangan Polbangtan Bogor didampingi Tim Dinas Pedagangan Kota Bekasi dan Kepala Unit Pasar Pondok Gede berkeliling menemui pedagang pasar yang menjual komoditas pangan strategis.

Berdasarkan informasi dari beberapa pedagang, Satgas mengeklaim bahwa harga telur, gula pasir, bawang putih, bawang merah, daging sapi, minyak goreng, daging ayam, dan beras relatif stabil. Kendati demikian, beberapa pedagang mengaku harga cabai rawit merah sudah melonjak tinggi hingga Rp 80.000/kg. Namun, saat ini terpantau ketersedian komoditas pangan berstatus aman.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, menjamin stok komoditas pangan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan nasional menjelang tren peningkatan permintaan pada momen Ramadhan dan Lebaran 2023.

“Sejauh ini, dalam hitungan neraca kita, semua (komoditas pangan) aman,” kata Mentan Syahrul.

Terkait kenaikan harga pangan dari sektor pertanian, Syahrul mengatakan Kementan fokus pada ketersediaan pangan. “Bahwa kenaikan harga dan lainnya, tentu semua pihak harus ikut terlibat bersama-sama,” jelas Syahrul.

Arahan Menteri Pertanian ini kemudian diimplementasikan oleh Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi dengan langsung mengerahkan jajaran untuk memantau harga dan stok pangan di pasar.

“Bahan pangan pokok sangat dibutuhkan menjelang hari besar keagamaan, karena itu kita meminta agar seluruh jajaran di pusat dan daerah bekerja efektif dan maksimal untuk memastikan bahan pangan khususnya 12 komoditas pangan strategis tersedia di masyarakat,” ujar Dedi.

Di pasar Pondok Gede, Bekasi tidak semua komoditas mengalami kenaikan. Ada beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga. Diantaranya Beras dari harga Rp 11.000 per liter menjadi Rp 10.000 per liter. Telur ayam mengalami kenaikan cukup signifikan, yakni yang semula Rp 20.000 per kg menjadi Rp 26.000 per kg. Bawang putih semula Rp 24.000 menjadi Rp 28.000 per kg.

Dapat dipastikan semua komoditas stoknya cukup selama bulan Ramadhan dan kelangkaan bahan pangan pokok tidak akan terjadi di Pasar Pondok Gede.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *