mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Sinergitas Tinggi, Komitmen Mahasiswa Peternakan seluruh Indonesia Majukan Peternakan dan Kedaulatan Pangan Indonesia

PURWOKERTO – https://polbangtan-bogor.ac.id | Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi tentunya tidak hanya terfokus pada kegiatan akademik saja. Namun juga pada kegaitan non-akademik yang dapat menunjang peningkatan life skill mahasiswa.Diantaranya, Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI).

Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) ISMAPETI yang ke-XVIII diselenggarakan selama 3 hari berturut-turut dimulai pada Sabtu (18/3) di Universitas Wijayakusuma, Purwokerto, Jawa Tengah dengan mengangkat tema “Peran ISMAPETI dalam Memajukan Peternakan dan Kedaulatan Pangan Indonesia”.

Kegiatan Rakernas ini merupakan forum pimpinan tertinggi dalam kepengurusan ISMAPETI yang bertujuan untuk merumuskan dan menetapkan program kerja, menentukan arah gerak ISMAPETI, menetapkan institusi penyelenggara program kerja ISMAPETI, dan menetapkan hal-hal lain yang perlu diatur dan disahkan dalam ISMAPETI.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengatakan orang yang berprestasi itu yakni orang yang fokus dengan apa yang menjadi fungsi peranan dan tanggung jawab dan jika prestasi sudah diraih berarti dia telah melakukan seluruh fungsi, seluruh tugas yang ada dan melahirkan prestasi, sekaligus mengajak yang lain untuk melakukan hal yang sama.

“Penghargaan itu sebenarnya sebuah pesan yang menyampaikan kepada kita bahwa ada sesuatu yang telah diupayakan secara maksimal dengan penuh kesungguhan,” ucap Syahrul.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menuturkan bahwa sekarang ini dibutuhkan sekelompok anak muda yang memiliki loyalitas dan integritas tinggi untuk memajukan sektor pertanian Indonesia.

“Sudah saatnya pertanian dikelola oleh generasi milenial yang menggunakan kreativitas dan inovasinya sehingga pertanian kedepan menjadi pertanian modern yang tak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya tetapi juga berorientasi ekspor. Saat ini kita telah memiliki banyak petani milenial sekaligus enterpreneur di bidang pertanian,” papar Dedi.

Selain Rakernas, acara pertemuan mahasiswa peternakan seluruh Indonesia ini juga dikemas dengan Seminar Nasional yang bertemakan “Peran Mahasiswa Peternakan dalam Menghadapi Isu Global” , Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional, Aksi Gizi, dan Fieldtrip untuk mengenalkan budaya Banyumas.

Mahasiswa Jurusan Peternakan Polbangtan Bogor turut berperan pada kegiatan tersebut. Yaitu Acep Adinda Nugraha sebagai Ketua Umum, Fauzan Farinduan sebagai Bendahara Umum Pengurus Besar ISMAPETI serta Triyanto sebagai delegasi Pengurus Wilayah II yang meliputi wilayah Jawa Barat, Banten, dan Jakarta.

Pembukaan kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah secara virtual. Dalam sambutannya, Gubernur menyampaikan untuk dapat mengedepankan semangat Gotong-Royong, dan Guyub Rukun.

Harapannya, melalui partisipasi seluruh masyarakat, rakernas Ismapeti ini mampu meningkatkan peran pembangunan peternakan dan kesehatan hewan Indonesia. Ismapeti harus mampu menjadi motor penggerak majunya sektor peternakan Indonesia. Para mahasiswa peternakan diharapkan untuk dapat terus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang cara berternak yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID