mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Perluas Cakupan Wilayah, Program Milenial Kementan Gandeng Pemerintah Kab Bogor

BOGOR – https://polbangtan-bogor.ac.id | Sudah menginjak tahun ketiga, Politeknik Pembangungan Pertanian Bogor selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Jawa Barat terus memperkuat Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS).

Tahun ini PPIU Jawa Barat menambah Kabupaten Bogor sebagai lokasi Program YESS. Dalam implementasi program di tingkat kecamatan, Program YESS merancang lembaga bernama Business Development Service Provider (BDSP), yang merupakan lembaga layanan pengembangan usaha yang memiliki fungsi memberikan jasa konsultasi dan pendampingan untuk mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). mengatakan Kementerian Pertanian (Kementan RI) terus mendorong dan mengajak keterlibatan generasi milenial dalam sektor pertanian salah satu nya melalui program YESS.

Mentan Syahrul mengajak anak muda untuk tak ragu terjun ke usaha sektor pertanian.
“Petani milenial itu lebih open mind, tinggal harus di-trigger lebih kuat. Yang muda itu punya militansi tinggi, aku mau lihat kamu kaya,” ujar Syahrul.

Mentan meyakini kemampuan generasi muda dalam mengembangkan bisnis jauh lebih efisien dan modern jika dibandingkan dengan generasi tua yang mendominasi profesi petani saat ini.

Program YESS juga diyakini sebagai upaya untuk menghasilkan wirausahawan milenial yang berkualitas di sektor pertanian.
“Karena dengan adanya mereka, ekonomi di sektor pertanian bisa bergerak dan menggeliat,” ujar Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi.

Melalui Program YESS, Dedi berharap akan terwujud regenerasi pertanian, meningkatnya kompetensi sumber daya manusia dari perdesaan, meningkatnya jumlah wirausaha muda di bidang pertanian. “Sehingga pertanian akan menjadi lapangan kerja menarik, prospektif dan menguntungkan, dan dapat berdampak pada penurunan angka pengangguran serta terjadinya urbanisasi,” jelas Dedi.

PPIU Jawa Barat dalam hal ini Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor melakukan Uji Tuntas calon Business Development Service Provider (BDSP) di Kabupaten Bogor pada tanggal 5 Mei 2023.

Salah satu lokasi yang dikunjungi yaitu BPP Wilayah VII dengan cakupan Ciawi, Megamendung, dan Cisarua. Uji tuntas dan identifikasi kebutuhan BDSP ini dilakukan untuk menilai kesiapan dan mengidentifikasi kebutuhan lembaga yang diusulkan sebagai BDSP sesuai fungsi dan kriteria penilaian yang telah ditetapkan sebagai BDSP Program YESS dan mengevaluasi keberdaan lembaga yang diusulkan dan merekomendasikan sebagai BDSP sesuai hasil penilaian berikut kebutuhan penguatan kapasitas yang diperlukan.

Adnin selaku penyuluh di BPP Wilayah VII sangat bersemangat dan antusias pada Program YESS.

“Program YESS dirancang untuk membangun kewirausahaan dan ketenagakerjaan muda di sektor pertanian, kami optimis Kabupaten Bogor khususnya BPP Wilayah VII bisa mensukseskan Program tersebut, apalagi kabupaten bogor memiliki ketenagakerjaan muda yang tinggi yang bisa membangun pertanian”kata Adnin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *