mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Penuh Bangga, Polbangtan Kementan Laksanakan Yudisium Ke Lima

BOGOR – Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor mengadakan Yudisium untuk Calon Wisudawan Diploma 3 dan Sarjana Terapan untuk tahun akademik 2022/2023 pada Jumat (18/8) secara offline di Aula Kampus Cibalagung, Kota Bogor.

Kegiatan yudisium merupakan sebuah proses akademik yang mengenai penetapan nilai dan kelulusan mahasiswa dari seluruh proses akademik. Yudisium adalah hal yang di impikan dan yang di nanti-nanti seluruh mahasiwa dan mahasiswi Polbangtan Bogor dan ini merupakan syarat untuk dapat melaksanakan kegiatan puncak acara di bulan Agustus 2023 yaitu proses wisuda.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia terus mendorong peran penting sektor pertanian dalam menciptakan lapangan kerja di pedesaan, meningkatkan pendapatan keluarga petani, serta memastikan ketahanan pangan nasional. Regenerasi petani merupakan harga mati yang harus segera kita realisasikan Bersama.

Menurutnya, pendidikan vokasi punya peran penting hasilkan petani milenial yang berjiwa entrepeneur.

“Melalui pendidikan vokasi kita menghubungkan dengan industri-industri agar lulusannya sesuai dengan kebutuhan, dan siap untuk hal-hal yang baru,” ujar Mentan Syahrul.

Syahrul juga mengatakan Kementan terus memfasilitasi generasi muda agar bisa terjun menjadi petani serta wirausaha pertanian.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, menekankan pentingnya peran pendidikan vokasi dalam mencetak SDM yang handal karena tonggak utama pembangunan pertanian berada ditangan SDM yang berkualitas.

“Pendidikan vokasi punya peran penting hasilkan petani milenial yang berjiwa entrepreneur. Melalui pendidikan vokasi kita menghubungkan dengan industri-industri agar lulusannya sesuai dengan kebutuhan, dan siap untuk hal-hal yang baru,” jelas Dedi.

Sebanyak 231 mahasiswa dan mahasiswi yang dinyatakan lulus, dan dikukuhkan pada yudisium tahun ini. Dengan rincian: Program Studi Program Studi Penyuluh Pertanian Berkelanjutan yang meluluskan 67 orang, Program Studi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan yang meluluskan 66 orang, Program Studi Agribisnis Hortikultura yang meluluskan 38 orang, Program Studi Teknologi Mekanisasi Pertanian yang meluluskan 29 Orang, Program Studi Kesehatan Hewan meluluskan 31 orang.

Ketua Senat Polbangtan Bogor, Momon Rusmono menyampaikan bahwa semua mahasiswa yang mengikuti ujian komprehensif tahun 2023 di Polbangtan Bogor secara keseluruhan dinyatakan lulus seratus persen dan akan di wisuda pada tanggal 30 Agustus 2023

Acara Yudisium yang dihadiri oleh wakil Direktur I Rudi Hartono,yang sekaligus sebagai plh Direktur, serta dihadiri wakil Direktur III Dr. Yoyon Haryanto dan dihadiri oleh seluruh Ketua Jurusan dan seluruh Ketua Program Studi, kegiatan yudisium yang dilaksanakan setelah shalat jumat dibuka langsung oleh ketua senat Dr. Momon Rusmono.

Masing-masing ketua Program Studi yaitu Ketua Program Studi Agribisnis Hortikultura Dr. Wahyu Trisna Sari, Ketua Program Studi Teknologi Mekanisasi Pertanian Intan Kusuma Wardani, Ketua Program Studi Penyuluh Pertanian Berkelanjutan Ait Maryani, Ketua Program Studi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan lilis Ryanti dan Ketua Program Studi Kesehatan Hewan, menyampaikan anak didiknya calon wisudawan terbaik predikat pujian maupun dengan predikat memuaskan.

Sebanyak 96 orang dinyatakan lulus dengan predikat Pujian dan 135 orang berpredikat sangat memuaskan. IPK tertinggi pada Program Studi Teknologi Mekanisasi Pertanian dengan IPK 3,88 dan terendah pada Program Studi Agribisnis Hortikultura dengan IPK 3,16.

Peringkat terbaik lulusan 2023 diperoleh oleh:
Program Studi Program Studi Penyuluh Pertanian Berkelanjutan diraih oleh Alya Husnul Khotimah dengan IPK 3,85.

Program Studi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan diraih oleh Hamzah Haz dengan IPK 3,85.
Program Studi Agribisnis Hortikultura diraih oleh Elyana dengan IPK 3,83.
Program Studi Teknologi Mekanisasi Pertanian diraih oleh Dini Karimah dengan IPK 3,88.
Program Studi Kesehatan Hewan diraih oleh Anisa Nur Azizah dengan IPK 3,78

Seluruh dosen pengajar staff dan pimpinan berharap besar milenial muda yang berprestasi ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi seluruh milenial muda indonesia dan atau dapat bekerja berinovasi dan bersinergi dengan Perusahaan yang dapat memajukan pertanian dan peternakan di Negara yang kita cintai Indonesia.

Pewarta: Irwan JN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID