mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Mahasiswa Polbangtan Kementan Raih Prestasi pada Ajang Temu Ilmiah ISMAPETI di UNPAD

Sumedang – https://polbangtan-bogor.ac.id | Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor program studi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, Jurusan Peternakan meraih prestasi dalam ajang Temu Ilmiah Mahasiswa Peternakan Indonesia (TIMPI) 2023 di Universitas Padjajaran yang diselenggarakan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI) sebagai juara 3.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, menyampaikan bahwa petani milenial mempunyai peran penting dalam melanjutkan pembangunan disektor pertanian.
“Sehingga, dibutuhkan dukungan dari SDM pertanian. Selain itu SDM pertanian adalah pengungkit terbesar produktivitas pertanian. Maka pendidikan vokasi menjadi salah satu kunci terhadap cikal bakal lahirnya petani milenial,” tegasnya

Dekan Fakultas Peternakan UNPAD Rahmat Hidayat menyebutkan, TIMPI menjadi event favorit dari Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI). Fakultas Peternakan UNPAD sendiri, kembali menjadi tuan rumah TIMPI setelah 20 tahun lalu digelar di Unpad. “Terdiri dari beberapa lomba karya tulis ilmiah, lomba debat, kreasi bisnis dan lain-lain,” katanya.

Event TIMPI, nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat, utamanya para peternak. Konsep dari inovasi hasil karya, dapat dipublikasikan secara langsung kepada masyarakat peternak. “Tentu saja hasil dari temu ilmiah akan menjadi sebuah konsep pengembangan peternakan kedepannya yang akan dipublikasikan kepada masyarakat.

Ada beberapa inovasi bisnis yang bisa dicontoh, utamanya Dari hasil lomba bisnis yang menguntungkan bagi para peternakan ataupun para pelaku usaha produk peternakan,” katanya

Ketua Pelaksana TIMPI 2023, Candra Aulia menambahkan, selain digelar terpusat di Fakultas Peternakan Unpad, event tersebut terdapat kegiatan keliling peternakan serta estimasi wisata di Kabupaten Sumedang. “Salah satu rangkaian kegiatan kami nanti ada keliling di Sumedang melihat peternakan-peternakan, dan juga melihat estimasi wisata-wisata di Sumedang, untuk mengangkat bahwa Sumedang ini memiliki estimasi wisata yang cukup dibanggakan khususnya dari Bendungan Jatigede,” ujarnya .

Lomba ini melibatkan peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Dalam ajang tersebut, tim yang terdiri dari Gitana Arum Prastanika, Fauzan Farinduan dan Ahmad Fauzan Adzim berhasil meraih juara 3 Lomba Kompetisi Bisnis Manajemen Keuangan Peternakan dengan produk “Briket Biofes” pada (3/9).

“Alhamdulillah, Kami sangat Bangga telah mengharumkan nama Polbangtan Bogor dalam ajang perlombaan bergengsi ini dan menjalin silaturahmi dengan mahasiswa peternakan seluruh indonesia, tentunya kami juga berharap agar prestasi yang kami raih dapat menjadi motivasi bagi rekan-rekan yang lain”. Ujar Gitana.

Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi mahasiswa dengan bimbingan bapak Efri Junaidi selaku Dosen Jurusan Peternakan. “Ide produk yang relevan dengan isu lingkungan dan solusi berkelanjutan melalui bidang Peternakan juga menunjukkan kepedulian terhadap tantangan global dan peran yang dapat dimainkan oleh profesinya dalam mencegah kerusakan lingkungan”, imbuh Gitana.

Penulis artikel: Mulyana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID