mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Alumni Polbangtan Kementan ”Debater Ulung dengan Segudang Prestasi Mentereng”

BOGOR – https://polbangtan-bogor.ac.id | Kesempatan menjadi mahasiswa dan belajar di Polbangtan Bogor tentunya tidak boleh dilewatkan begitu saja. Berbagai macam pengembangan diri baik softskill maupun hardskills selalu ditekuni hingga memperoleh segudang prestasi.
Polbangtan Bogor berhasil mencetak profil lulusan yang unggul dan berdaya saing, salah satunya Aditia Yaman Dalantaras Bukit.

Kementerian Pertanian (Kementan) terus berfokus untuk mengembangkan produktivitas dengan cara terus meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM pertanian.

Selaras dengan hal itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, menyampaikan bahwa petani milenial mempunyai peran penting dalam melanjutkan pembangunan di sektor pertanian.

“Sehingga, dibutuhkan dukungan dari SDM pertanian. Selain itu SDM pertanian adalah pengungkit terbesar produktivitas pertanian. Maka pendidikan vokasi menjadi salah satu kunci terhadap cikal bakal lahirnya petani milenial,” ujar Dedi Nursyamsi.

Saat menjalani pendidikan di Polbangtan Bogor, mahasiswa asal Sumatera Utara ini merupakan mahasiswa Jurusan Peternakan dengan Program Studi Penyuluhan dan Peternakan Hewan.

Ketertarikan dalam bidang Public Speaking dan Karya Tulis Ilmiah mengantarkan Aditia menyandang berbagai gelar juara lomba bergengsi baik di tingkat Nasional maupun Internasional, di antaranya Juara 1 Karya Essay Terbaik Scientific Essay Competition Agis On Life 2023; Juara 2 Lomba Debat Nasional Euforia Fest Volume 3 di Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka); Juara 2 Lomba Debat Pendidikan Tarbiyah Special Event, Institut PTIQ Jakarta 2022; Juara 3 Lomba Debat Pekan Raya Pertanian 4.0, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2022; 4th Place Winner International Debate Competition Youth Mining Camp Competition (YMCC), Fakultas Teknik Pertambangan, UPN Veteran Yogyakarta 2023; Juara Tim Favorit Lomba Debat Bahasa Indonesia Vetionday Sekolah Vokasi, IPB University 2023; dan Candidate at Debate School, Undip Debating Forum, Diponegoro University 2022.

Tidak hanya aktif mengikuti perlombaan bergensi, Aditia juga pernah menjadi Juri Lomba Debat seperti Chief Adjudicator Debate Competition Animal Husbandry Olimpic Games Polbangtan Bogor 2023, Chief Adjudicator Lomba Debat Internal, Debate Society Jurusan Peternakan Polbangtan Bogor, Chief Adjudicator Lomba Debat Pekan Mahasiswa Polbangtan Bogor dan menjadi pembicara dibanyak Event lainnya.

Torehan prestasi yang luar biasa tidak membuat Aditia berhenti belajar. Berbagai kegiatan kursus dan pelatihan diikutinya untuk mengasah dan mengembangkan bakat dan talenta diri, salah satunya Certified Public Speaking (CPS) di Lembaga Kursus dan Pelatihan WelldoneSkills.

Selain itu, Aditia juga seorang aktivitis kampus yang aktif mengambil banyak peran, di antaranya Pendiri dan Ketua UKM Debate Society 2022, Koordinator Komisi 1 Kabinet Citraloka Abhipraya BPM Polbangtan Bogor 2021, Staff Advokasi dan Propaganda Pengurus Besar Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI) 2021, Staff Departemen Agama Kabinet Cakra Darma Satya BEM Polbangtan Bogor 2020, Koordinator Bidang Organisasi dan Penalaran IMPPI Polbangtan Bogor 2020, dan Anggota KSR PMI Unit Polbangtan Bogor 2020.

”Saya ingin memotivasi mahasiswa agar berani berkarya dan percaya pada bakat dan kemampuan diri sendiri, menjadi mahasiswa adalah sebuah privilege maka inilah saatnya kamu untuk bersinar menggapai Impianmu”, pungkas Aditia.

Penulis artikel: Rindiyani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *