mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Asah Kemampuan Mahasiswa Polbangtan Kementan Melalui Lomba Debate Society

Bogor – https://polbangtan-bogor.ac.id | Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbagtan) Bogor Jurusan Peternakan mengadakan Lomba Debat Internal Debate Society pada Minggu (17/3/2024) secara tatap muka di Aula Brahman Kampus Cinagara. Tidak hanya lomba debat, salah satu UKM favorit di Polbangtan Bogor ini juga mengadakan lomba essai secara bersamaan.

Sebagaimana dikatakan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman bahwa Pemuda Indonesia harus memiliki karakter yang kuat dan cerdas sehingga mampu menjadi pemimpin dan pengusaha yang sukses dimasa depan. Kunci paling utama, kata Amran, yang harus dilakukan adalah berinovasi, dan kalau sudah berhasil terus lakukan ”The power or repetition”.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, menyampaikan Pertanian adalah sektor terpenting untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh rakyat sekaligus menjaga stabilitas nasional. Seiring perkembangan zaman, semua pihak diminta aktif mengembangkan pertanian berbasis teknologi atau smart farming.

Adapun tema kegiatan lomba tahun ini yaitu “Peran Mahasiswa dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia di Sektor Peternakan dengan Pemanfaatan Teknologi 5.0”. Terdapat 2 cabang lomba yang dipertandingkan pada Lomba Debat dan Esai Internal yaitu Debat Bahasa Indonesia dengan sistem Asian Parlementary dan Esai.

Beberapa pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut diantaranya sebagai peserta adalah mahasiswa aktif Jurusan Peternakan Polbangtan Bogor, dengan juri Aditia Yaman Dalantaras Bukit dan 3 juri lainnya yang merupakan demisioner UKM Debat, dibimbing oleh pembina UKM keilmuan Endang Endrakasih, Dyah Gandasari, Rifa Rafi’atu, serta Kepanitiaan dari Debate Society.

M. Syakhrul Muin sebagai ketua UKM Debat mengungkapkan bahwa hasil yang didapatkan pada kegiatan ini yaitu anggota UKM Debat Polbangtan Bogor Jurusan Peternakan dapat meningkatkan kemampuan dalam berpikir kritis, meningkatkan kepercayaan diri, dan meningkatkan kemampuan dalam berbicara

“Kegiatan perlombaan lomba debat ini adalah kegiatan rutin tahunan yang menjadi panggung perdebatan untuk anggota UKM debat sehingga pengaplikasian hasil dari setiap pertemuan mingguan dan bertujuan mempersiapkan tim untuk bersaing di dunia lomba ilmiah debat dan esai di tingkat Nasional nanti nya.”, imbuh Syakhrul.

Selain itu UKM debat juga memiliki tujuan mulia yaitu mencetak mahasiswa yang aktif dan dapat bersaing dalam segi pemikiran yang kritis, pemikiran yang terstruktur, serta mampu menyelesaikan masalah..dan pasti nya mahasiswa polbangtan Bogor mampu bersaing dengan kampus kampus lain.

Rahmadina Azila selaku pemenang lomba essai dan best speaker lomba debat mengatakan “Kesan mengikuti lomba debat kemaren sangat luar biasa memuaskan, kita disini tidak hanya serta merta berlomba tetapi juga ada evaluasi evaluasi dari dewan juri maupun dari abang kakak panitia.”

“Setiap kesalahan yang ada pasti menjadi pelajaran untuk kami kedepannya, juga melatih berfikir kritis, cepat, tanggap, dengan tekanan waktu yang diberikan, juga melatih kerja sama tim satu sama lain, jadi kegiatan lomba debat kemaren sangat luar biasa dan menjadi pengalaman yang berharga”, tambahnya.

Penulis artikel: Mulyana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bahasa >>