mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Berjuang di Bawah Terik Matahari, Untuk Membahagiakan Keluarga Serta Menjadi Kebanggaan Bangsa

Berjuang di Bawah Terik Matahari, Untuk Membahagiakan Keluarga Serta Menjadi Kebanggaan Bangsa

BOGOR – https://polbangtan-bogor.ac.id | Penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 pendidikan vokasi Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian lingkup Kementerian Pertanian tahun dibuka menjadi dua gelombang.

Gelombang pertama yang dibuka pada Februari hingga Maret lalu berhasil mneyeleksi ribuan pendaftar menjadi ratusan saja. Seleksi tersebut meliputi Seleksi administrasi, seleksi CAT, seleksi wawancara dan yang terakhir yaitu seleksi pemeriksaan Kesehatan, kejiwaan dan tes fisik yang diawasi langsung oleh prajurit TNI hasil kerjasama Polbangtan Bogor dengan Pusdikzi Bogor.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan guna mendukung pembangunan pertanian maju, mandiri dan modern, perlu dilakukan penyiapan, pencetakan SDM pertanian unggulan dengan system pendidikan pertanian yang baik.
“Melalui pendidikan vokasi, Kementan melahirkan SDM yang kompetitif sebagai tenaga kerja pertanian andal dan unggul serta sebagai pengusaha pertanian milenial andal, kreatif, inovatif, profesional, serta mampu menyerap lapangan pekerjaan sektor pertanian sebanyak mungkin ” ujar Dedi.

Yoyon Haryanto sebagai Plh. Direktur Polbangtan Bogor menyampaikan keberagaman suku bangsa Indonesia akan menyatu dan membaur, baik di dalam kelas maupun di asrama. “Kami berharap semua calon peserta wawancara dapat mengeluarkan seluruh potensi diri untuk dikembangkan dan dibina demi kemajuan pertanian Indonesia, memiliki daya saing, serta berjiwa kewirausahaan dalam mendukung kebijakan Kementan,” katanya.

Seleksi tahap ketiga ini, yaitu tes fisik, kesehatan dan kejiwaan dilaksanakan selama dua hari pada 20-21 Mei 2024. Pemeriksaan fisik meliputi tinggi badan, tekanan darah, tensi, respirasi, gigi dan mulut, THT, mata, kulit, penyakit dalam, paru-paru, neurologi, TBC, hepatitis.

Adapun pemeriksaan laboratorium meliputi narkoba, darah, urine lengkap, fungsi hati dan ginjal, EKG dan RO Torax. Sedangkan tes kejiwaan yaitu menjawab soal psikologi sebanyak 500 lebih untuk mengetahui karakter kejiwaan calon mahasiswa baru. Dan yang terakhir yaitu tes fisik yang dilaksanakan siang yaitu lari selama 12 menit mengelilingi lapangan Polbangtan bogor, push up, sit up, dan shuttle run angka 8.

Walau cuaca terik, calon mahasiswa baru sangat antusias dan penuh semangat untuk menjalani semua tes. Semangat mereka mengalahkan rasa lelah demi terus berjuang untuk menggapai cita-cita mereka yaitu bergabung dan sukses menjadi bagian dari civitas akademika Polbangtan Bogor.

Penulis artikel: Irwan Julya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID