mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Dies Natalies ke-6, Polbangtan Kementan Tingkatkan Kualitas Lulusan dan Kinerja Pegawai

BOGOR – Tepat pada hari Selasa (25/6/24), Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor merayakan hari jadi yang ke-6. Berdiri sejak tahun 2018, Polbangtan Bogor kini fokus pada peningkatan kualitas lulusan dan pemberdayaan pegawai.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mendorong Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) menjadi sekolah pertanian bertaraf internasional. “Polbangtan adalah masa depan pertanian. Ke depan kita berharap pertanian di Indonesia bisa bersaing dengan negara tetangga-tetangga,” ujar Amran.

Plt. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa pendidikan vokasi yang dilaksanakan oleh Politeknik Pembangunan Pertanian memegang peran yang sangat penting untuk menciptakan wirausaha muda pertanian untuk menjamin kebersinambungan pembangunan pertanian secara nasional.

Rangkaian kegiatan Dies Natalies ke-6 Polbangtan Bogor diawali dengan Sidang Terbuka Senat yang dihadiri oleh segenap civitas akademika dan pejabat eselon II dan III lingkup Kementerian Pertanian.

Plh Direktur Polbangtan Bogor, Yoyon Haryanto dalam laporannya mengatakan bahwa saat ini Polbangtan Bogor sedang berupaya untuk meningkatkan status akreditasi prodi dan jurusan. Oleh karenanya, pembenahan dari segala lini diperlukan kekompakan seluruh civitas akademika.
“Sesuai dengan Milestone Polbangtan Bogor periode 2019-2024, saat ini telah menjadi Perguruan Tinggi Vokasi dengan sentral utama pengembangan inovasi penyuluhan, smart farming, agribisnis dan peternakan modern. Pada tonggak ini, Polbangtan Bogor telah mengembangkan model pembelajaran inovatif, mengembangkan pembelajaran berbasis riset, mendorong produktivitas karya ilmiah/HaKI dan berkomitmen untuk melakukan inovasi dalam pengajaran berbasis teknologi informasi”, ujar Yoyon.

Yoyon menambahkan, bahwa saat ini semua prodi sudah terakreditasi Baik Sekali dan Baik. Manajemen mendorong dan sedang dalam persiapan meningkatkan akreditasi dari tiga prodi yang masih terakreditasi baik dapat menjadi baik sekali dan dua prodi yang telah terakreditasi baik sekali menjadi unggul.

Saat ini telah terdaftar 3 Paten dan 64 HAK Cipta yang dihasilkan oleh para Dosen Polbangtan Bogor, ”Kedepan inovasi-inovasi kreatif dari para dosen kita dorong agar kampus Polbangtan Bogor menjadi lebih bermanfaat untuk masyarakat”, imbuh Yoyon.

Dalam rangka memperkuat kapasitas ketenagaan, Polbangtan Bogor berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, baik dosen maupun tenaga kependidikan yang dikelola secara transparan dan akuntabel berbasis pada merit sistem. Pengelolaan SDM tersebut nampak dari penyusunan rencana kebutuhan SDM yang didasarkan pada analisis jabatan, sistem seleksi, dan perekrutan yang berbasis pada kompetensi, penerapan pola penjenjangan karier, serta pemetaan untuk pengembangan SDM yang diatur oleh Kementerian Pertanian.

Yoyon berharap, rangkaian kegiatan dalam rangka Dies Natalis ke-6 Polbangtan Bogor dapat berjalan dengan lancar dan memberikan kontribusi yang nyata bagi sivitas akademika Polbangtan Bogor pada khususnya dan Bangsa Indonesia pada umumnya.

Untuk itu adanya partisipasi dan sinergi dari semua pihak menjadi penting didalam menyukseskan Dies Natalis ke-6 Tahun 2024.

Penulis artikel: Ardianinda Wisda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pengumuman

Berita Lainnya

id_IDID