Lakukan Pengabdian Masyarakat, Polbangtan Kementan Lakukan Pembinaan Pada Peternak

BOGOR – https://polbangtan-bogor.ac.id | Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor Jurusan Peternakan melaksanakan Pembinaan kelompok tani Cibugis kecamatan Parungkuda pekan lalu. Kegiatan tersebut merupakan implementasi pengamalan tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan menyampaikan, pemerintah Indonesia terus mendorong peran penting sektor pertanian dalam menciptakan lapangan kerja di pedesaan.

Sedangkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian [BPPSDMP] Dedi Nursyamsi, mengatakan guna mendukung pembangunan pertanian maju, mandiri dan modern, perlu dilakukan penyiapan, pencetakan SDM pertanian unggulan. Memfasilitasi unit pelaksana teknis pendidikan salah satunya Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan).

Adapun kegiatan kali ini menggunakan metode penyuluhan: ceramah, demonstrasi cara pencukuran bulu, dan pemotongan kuku domba yang melibatkan anggota kelompok tani Cibugis, PPL peternakan, Dosen/PLP dan mahasiswa.

Asep sebagai Ketua kelompok mengaku senang dengan adanya kunjungan ini. Asep berharap dengan adanya pembinaan kelompoktani dalam budidaya domba akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam berusaha ternak domba.

“Saya berharap adanya kunjungan ke UPT Pembibitan Domba di Margawati Garut ini sebagai langkah tindak lanjut dari kegiatan ini”, ujarnya.

Juju selaku perwakilan dari polbangtan mengatakan bahwa kegiatan ini dapat membuka peluang jasa pencukuran domba dan pemotongan kuku. “Usaha pencukuran domba dan pemotongan kuku adalah potensi yang menjanjikan selain budidayanya. Daripada perorang melakukan cukur bulu dan potong kuku domba akan membutuhkan biaya lebih, alangkah baiknya ada salah satu peternak yang membuat jasa tersebut”, ujarnya.

Pemotongan kuku dan cukur bulu domba peting dilakukan minimal 6 bulan sekali untuk menjaga kesehatan dan mebuat ternak lebih rapih dan bersih.