Beranda Berita Tingkatkan Kualitas Keamanan, Polbangtan Bogor Bekerjasama Dengan Polsek Bogor Barat Adakan Bimtek Security

Tingkatkan Kualitas Keamanan, Polbangtan Bogor Bekerjasama Dengan Polsek Bogor Barat Adakan Bimtek Security

Saturday, 17 April 2021   Oleh: Administrator   139

BOGOR - www.polbangtan-bogor.ac.id | Keberadaan Satpam merupakan pilar utama dalam membantu keamanan, agar kegiatan rutinitas dapat berjalan dengan aman dan nyaman. Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor (Polbangtan Bogor) dibawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, menyelenggarakan Bimbingan Teknis Satuan Pengamanan (Satpam) bersama Kepolisian Republik Indonesia Sektor Bogor Barat di Kampus Cinagara Polbangtan Bogor pada Selasa, 06 April 2021 sampai dengan Rabu, 07 April 2021. Bimtek Satpam Polbangtan Bogor tersebut dihadiri oleh Kepala Polisi Sektor Bogor Barat dan jajarannya sebagai narasumber dan praktisi, beserta Plt. Direktur dan 22 peserta dari Anggota Satpam Polbangtan Bogor.

“Bimtek Satpam Polbangtan Bogor ini dilaksanakan dengan harapan ada perubahan pada perilaku setiap Satpam Polbangtan Bogor, dengan mengetahui norma-norma dan teknis-teknis sebagai satpam, seperti contohnya tidak menerima sembarangan orang untuk bisa masuk wilayah Kampus Polbangtan Bogor” ujar Siswoyo, Plt. Direktur Polbangtan Bogor.

Kegiatan-kegiatan yang ada dalam terlaksananya Bimtek Satpam Polbangtan Bogor diantaranya berisikan kegiatan Sosialisasi Perkap No. 4 Tahun 2020, Deteksi Dini dan Pemetaan, Pembahasan KUHP dan KUHAP, Latihan PBB, Penjelasan Tupoksi Satpam, Gatur Lantas, Turjawali, TPTKP, PAM TKP dan Olah TKP, hingga berakhir pada Evaluasi.

Sahroni selaku Kapolsek Bogor Barat menyampaikan bahwa Satpam itu kepanjangan tangan dari pelaksana tugas kepolisian terbatas. Satpam itu memiliki sejarah turun temurun, pada saat itu kepolisian kekurangan personil, sehingga Jenderal Polisi merekrut maskapai lain untuk melengkapi tugas kepolisian. Seiring dengan berjalannya waktu, sekarang sudah banyak didirikan suatu badan usaha yang mengelola khusus Pendidikan Security. Kemudian, Jenderal Polisi pada saat itu sebagai Kepala Kepolisian RI yang telah menetapkan kebijaksanaan diantaranya pembinaan terhadap satpam, selanjutnya secara pribadi diluar kedinasan beliau sendiri selalu menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk penyempurnaan dan pengembangan security. Maka dari itu, Polisi memiliki hubungan dengan security.

Bimtek Satpam Polbangtan Bogor memberikan pelayanan kepolisian yang sudah tertuang pada UUD Kepolisian. Tugas Kepolisian diantaranya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, pelayanan, perlindungan, dan pengayoman. Tugas kepolisian tersebut berkaitan dengan tupoksi satpam. Sehingga, lingkungan Polbangtan Bogor dapat terlepas dari kejadian-kejadian yang sifatnya akan mengganggu terhadap rutinitas. Kemudian dapat mengayomi barang, kegiatan, ataupun orang, tidak ada berhubungan dengan pelanggaran orang, sehingga tugas satpam bisa mencegahnya.

“Setelah ada pelatihan dan telah menggunakan seragam sesuai ketentuan yang ada, harus ada perubahan perilaku yaitu menyadari bahwa diri ini sebagai petugas keamanan Polbangtan Bogor. Kemudian paham akan tugas pokoknya dalam kondisi rutin (safety terdahap orang yang keluar masuk area Polbangtan Bogor), kondisi emergency (safety terhadap ruangan-ruangan yang ada asset berharga, seperti ruang pejabat, maping seluruh ruangan lembaga), dan kondisi khusus” jelas Wawan, Wakil Kapolsek Bogor Barat.

Evaluasi dalam Bimtek Satpam Polbangtan Bogor adalah dengan melakukan review ulang seluruh materi yang disampaikan narasumber atau praktisi, kemudian menilai kemampuan awal dan mengukur peningkatan pengetahuan peserta terhadap materi yang telah diberikan.

 

Pewarta: Syafira Ramadhani