mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Terpilih Jadi Duta Polbangtan Kementan 2023, Inilah Sosok Firdaus Alfarizi Kurniawan

BOGOR – https://polbangtan-bogor.ac.id Harumnya nama Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) khususnya Polbangtan Bogor tak lepas dari prestasi yang diraih seluruh civitas akademika baik mahasiswa, dosen, maupun pegawainya. Adalah Firdaus Alfarizi Kurniawan, Mahasiswa Polbangtan bogor Jurusan Pertanian Program Studi Teknologi Mekanisasi Pertanian (TMP) yang terpilih menjadi Duta Polbangtan Bogor 2023 pada Perhelatan Duta Polbangtan/PEPI 2023 Minggu (26/2) di Depok.

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menginstruksikan untuk terus meningkatkan regenerasi petani di Indonesia.

“Kita fasilitasi mereka. Kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita ubah pola pikir generasi milennial bahwa pertanian itu keren dan hebat. Kita optimis di tangan generasi muda sektor pertanian akan lebih maju,” pesan Syahrul.

“Penghargaan itu sebenarnya sebuah pesan yang menyampaikan kepada kita bahwa ada sesuatu yang telah diupayakan secara maksimal dengan penuh kesungguhan,” katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menyambut baik arahan Menteri Pertanian ini.

“Pertanian di masa yang akan datang menjadi milik petani milenial. Untuk mencapai produktivitas pertanian yang tinggi, hal utama yang paling utama yaitu tersedianya SDM Pertanian yang unggul, andal, profesional, dan mandiri serta berjiwa enterprenur tinggi,” tegas Dedi.

Tak hanya menjadi Duta Polbangtan/PEPI 2023, Firdaus Alfarizi Kurniawan sebelumnya juga meraih beberapa prestasi yaitu Jajak Pinilih Kabupaten Bogor 2018, dan Paskibra Kabupaten Bogor 2018.

Firdaus mengatakan bahwa tanggung jawab sebagai siswa adalah belajar. “Namun disamping belajar saya juga olahraga untuk membentuk tubuh yang sehat, sehingga kalau tubuh sehat itu kan kita bisa ikut apa saja”, paparnya.

Saat ditanya apa yang membuat Firdaus bisa mencapai hingga titik ini, “Saya juga mendapatkan dorongan dari diri sendiri dan juga saya memiliki motivasi yaitu figur abdi tani muda dalam mewujudkan generasi milenal yang aktif, kreatif dan mandiri tentu itu menjadi landasan saya agar bisa menjadi Duta Polbangtan/PEPI”, imbuhnya.

Setelah menjadi Duta Polbangtan/PEP 2023, Firdaus mengatakan memiliki rencana untuk kedepannya.”Disini goals kita yaitu mempromosikan kampus dan juga pertanian yang ada di Indonesia, namun saat ini yang terdekat kami akan lebih memfokuskan untuk pendaftaran Polbangtan Bogor dan juga menjadi wadah pemberi informasi bagi yang ingin masuk polbangtan, jadi kita sebagai penyalur dan agen promosi”, terang Firdaus.

Firdaus pun memberikan pesan untuk rekan rekan sesama mahasiswa Polbangtan.
”Tetap semangat, masih banyak prestasi-prestasi diluar sana yang tidak hanya soal akademik, non akademik pun akan membantu kalian untuk bersosialosasi dengan masyarakat”, ujar Firdaus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEN