mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Raih Juara, Saka Taruna Bumi Polbangtan Kementan Torehkan Prestasi di Peran Saka

BOGOR- https://polbangtan-bogor.ac.id | Tim Saka Taruna Bumi Polbangtan Bogor menorehkan prestasi dalam Kegiatan Peran Saka Daerah Jawa Barat Tahun 2023 dengan menjuarai Lomba Giat Prestasi Cipta Pangan Bergizi Seimbang dan Aman.

Peningkatan skill dan kapabilitas diri baik di bidang akademik maupun non akademik guna peningkatan prestasi mahasiswa sebagai generasi muda sekaligus regenerasi petani masa depan selalu menjadi perhatian utama Polbangtan Bogor.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Dedi Nursyamsi, tidak henti-henti menyerukan dan memberikan motivasi kepada seluruh komponen BPPSDMP agar terus menggerakkan generasi muda untuk mencintai pertanian melalui aktivitas penyuluhan, pendikan dan pelatihan vokasi.

“Masa depan pertanian Indonesia ada di generasi muda, melalui pendidikan dan pelatihan vokasi kita siapkan mereka untuk jadi pelaku pertanian masa depan.”sebut Dedi.

Satuan Karya Pramuka Taruna Bumi Kwarcab Kota Bogor Binaan Polbangtan Bogor mengikuti kegiatan Peran Saka Jawa Barat Tahun 2023 pada akhir November 2023 di Bumi Perkemahan Kiarapayung KWARDA JABAR Sindangsari, Kec. Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Gerakan Pramuka merupakan wadah pendidikan luar sekolah dan di luar keluarga, dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan yang menarik, menantang dan menyenangkan dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan. Berbagai kegiatan yang diselenggarakan Gerakan Pramuka tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jiwa peserta didik, sebagai upaya pencapaian tujuan akhir proses pembinaan yaitu pembentukan watak dan karakter yang sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satu kegiatan tersebut adalah Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka (Peran Saka).

Peran Saka adalah kegiatan bagi pramuka Penegak dan Pandega yang merupakan gabungan dari kegiatan 14 Satuan Karya yakni Saka Adhiyasta Pemilu, Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Bhayangkara, Saka Dirgantara, Saka Kalpataru, Saka Kencana, Saka Pariwisata, Saka Taruna Bumi, Saka BPOM, Saka Wanabakti, Saka Widya Budaya Bakti, Saka Wirakartika, dan Saka Amal Bhakti.

Kegiatan Peran Saka ini bertujuan sebagai ajang untuk saling bertukar ilmu, bertukar pengalaman, menambah pertemanan dan juga mengenalkan daerahnya kepada daerah lain.

Peran Saka yang digelar Kwarda Jawa Barat setiap lima tahun sekali ini diikuti 8.800 peserta se-Jawa Barat. Peran Saka Daerah Jawa Barat Tahun 2023 dirancang dan dikemas dalam bentuk kegiatan perkemahan dengan berbagai aktivitas yang kreatif, produktif, edukatif, inovatif dan rekreatif.

Penulis artikel: Rindiyani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEN