mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Mahasiswa Polbangtan Kementan Raih Juara Utama Bidang Pangan

Jakarta – https://polbangtan-bogor.ac.id | Mahasiswa aktif Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor, Muhamad Mulya Bagas meraih Juara Utama pemuda pelopor tingkat Kota Bogor 2024 pada bidang pangan setelah melakukan kegiatan Kepeloporan Bidang Pangan, di Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal pekan lalu.
Pencapaian tersebut sejalan dengan arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bahwa pemuda Indonesia harus memiliki karakter yang kuat dan cerdas sehingga mampu menjadi pemimpin dan pengusaha yang sukses di masa depan.
“Kunci paling utama, yang harus dilakukan adalah berinovasi, dan kalau sudah berhasil terus lakukan the power or repetition sebagai generasi muda harus mengubah kebiasaan. Tekad kuat dan kerja keras akan mengubah nasib para anak muda,” katanya.

Hal senada juga dikemukakan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi bahwa karakter yang harus dimiliki petani milenial. “Pertama, mampu bekerja keras dan tekun. Kedua, tidak mudah menyerah. Ketiga, maju terus pantang mundur dalam membangun pertanian Indonesia,” katanya.
Pemilihan pemuda pelopor tingkat nasional merupakan salah satu program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang mengedepankan kemandirian pemuda. Ajang tersebut digelar selama dua hari, belum lama ini di Hotel Rizen Padjadjaran, Kota Bogor.

Plh Direktur Polbangtan Bogor, Yoyon Haryanto mengatakan Kepeloporan Pemuda adalah akumulasi dari semangat pemuda dalam mengembangkan potensi diri, guna merintis jalan, melakukan terobosan, menjawab tantangan dan memberikan jalan keluar atas berbagai masalah yang dilandasi sikap dan jiwa kesukarelawanan
“Kepeloporan Pemuda implementasikan tanggung jawab dan kepedulian untuk menciptakan sesuatu dan atau mengubah gagasan pemikiran, tindakan dan perilaku menjadi suatu karya nyata yang berkualitas,” katanya.

Yoyon Haryanto menambahkan, hal itu dilaksanakan secara konsisten dan gigih yang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat serta diakui oleh berbagai pihak dan pemerintah.

Grand Final pemuda pelopor tingkat Kota Bogor bertujuan mencari dan menetapkan pemuda pelopor dari beberapa bidang yaitu pangan, pendidikan, sosial, inovasi teknologi, pengelolaan sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata.

Kepeloporan bidang pangan adalah kepeloporan yang bertujuan pengembangan bidang pangan dengan mengutamakan peningkatan nilai guna, pengolahan, pemanfaatan, pengelolaan dan pemasaran produksi pangan untuk meningkatkan kesehatan pangan dan kecukupan gizi. Menuju pada tercapainya ketahanan pangan nasional, yang akan berdampak pada meningkatnya nilai tambah perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Penulis artikel: Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEN