Beranda Pengumuman Menteri Pertanian Hadiri Pembukaan Mabidama Daring 2020

Menteri Pertanian Hadiri Pembukaan Mabidama Daring 2020

Wednesday, 30 September 2020   Oleh: Administrator   638

Wednesday, 30 September 2020

Mulai hari ini sampai lima hari ke depan (5-11/10) Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor menggelar kegiatan Masa Bimbingan Dasar Mahasiswa (MABIDAM) 2020 secara daring. Acara yang diikuti oleh 225 mahasiswa baru dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Prof. Dedi Nursyamsi di Ruang Agriculture Operation Room (AOR) Polbangtan Bogor. Lebih membanggakan lagi, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) hadir secara virtual menyapa dan memotivasi para peserta.

Berikut isi arahan SYL :

Bismillahirrahamnirrahim. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Anak-anakku semua dari Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor. Seluruh sivitas akademika Polbangtan Bogor. Saya tentu merasa bersyukur bisa menemui semuanya, dan menyampaikan selamat datang di kawasan Candradimuka Polbangtan Bogor, sebagai pilihan untuk bersama-sama mempersiapkan masa depan pertanian, masa depan kalian, dan tentu saja masa depan kehidupan yang lebih baik bagi negara, bangsa dan rakyat Indonesia khususnya di bidang pertanian.

Sebagai Menteri Pertanian saya merasa, bahwa kalian adalah pilihan Tuhan. ‘You are on the right track’, kamu sudah dalam trek benar hadir di Polbangtan Bogor ini.

Kenapa, masalah pertanian adalah masalah kehidupan. Sebuah negara bisa besar, bisa jaya, bisa kuat kalau pertaniannya kuat.

Indonesia memiliki kontur tanah dan kondisi alam pemberian Allah SWTyang luar biasa untuk menjadi negara agraris, negara pertanian. Matahari kita terus bersinar, angin terus ada. Hujan dan air ada di mana-mana.

Kita punya dataran rendah, berbukit, kita bahkan punya gunung-gunung. Ini adalah kekayaan dari alam yang ada. Dan kekayaan alam ini ditentukan oleh seperti apa manusia-manusia yang terdidik, memiliki karakter yang baik, memiliki teknologi sain dan riset yang terlatih, maka hadirlah kehidupan yang makin baik.

Ingat, di negaramu yang paling siap untuk dikelola adalah pertanian. Karena sudah menjadi pemberian Tuhan, alammu adalah alam yang kaya.

Kita juga mempunyai jumlah manusia yang besar, sekitar 270 juta, sebentar lagi 300 juta. Negara ini bukan negara kecil, rakyat dan alam sudah tersedia.

Masalah pertanian masalah kehidupan sehari-hari. Adakah orang-orang terlatih. Adakah orang-orang yang mempunyai ilmu pertanian.

Anak-anakku, kamu ada di situ. Kamu sudah menjadi keluarga besar Kementerian Pertanian melalui Polbangtan Bogor.

Kamu tidak sia-sia ada di tempat ini. Isi pikiranmu, isi hatimu, kamu harus sehat. Sehingga kamu bisa menyerap keterampilan, pendidikan, penguasaan teknologi, penguasaan sain dan riset yang kuat. Dan kamu besok keluar menjadi entrepreneur di bidang pertanian. Kamu besok menjadi orang-orang yang diandalkan bahkan dibutuhkan oleh alam yang ada di sekitarmu untuk bisa kau produksikan sebagai sebuah kekuatan dari kehidupan negeri dan bangsa ini melalui pertanian.

Selamat belajar, selamat menempuh pendidikan di kampus tercintamu Polbangtan Bogor. Manfaatkan kesempatan ini jangan kamu sia-siakan. Jangan kamu permalukan orang tuamu. Jangan permalukan bangsamu. Banyak orang yang mau masuk di situ, kamu yang terpilih.

Aku tunggu kalian menjadi pemuda-pemuda yang memiliki frame akademik intelektual yang baik, memiliki agenda-agenda manajemen pertanian yang kuat, sekaligus orang yang berkarakter nasionalis, orang yang menjunjung tinggi bangsanya dan bangga dengan Pancasila.

Tidak ada sekat di antara kalian. Kamu bersaudara dalam Polbangtan Bogor. Selamat, ridho Allah SWT bersamamu. Saya Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian.