Logo Web Polbangtan Bogor

Berbekal Pendidikan Vokasi, Mahasiswa Polbangtan Siap Hadapi Tantangan Pertanian Masa Depan

BOGOR – https://polbangtan-bogor.ac.id Kementerian Pertanian telah menetapkan arah kebijakan pembangunan pertanian, yaitu pertanian yang maju, mandiri, modern. Melalui program unggulan kementerian pertanian, petani milenial yang dicetak melalui Pendidikan vokasi pertanian harus mampu menjadi pelopor pembangunan pertanian perdesaan dalam meningkatkan produktivitas dan daya saing produk pertanian.

Dalam upaya menumbuhkan minat generasi muda terhadap sector pertanian, Kementerian Pertanian berupaya mengubah paradigma generasi muda bahwa sector pertanian merupakan sector yang menarik dan menjanjikan apabila dikelola dengan tekun dan sungguh-sungguh.

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo meyakini melalui pendidikan vokasi pada Politeknik Pembangunan Pertanian [Polbangtan] akan hadir para petani milenial yang berkualitas.

“Dengan pendidikan vokasi, kami berharap hadir petani milenial yang mampu memberikan inovasi dalam pertanian, karena bagaimana pun, masa depan pertanian berada di pundak generasi milenial,” kata Syahrul.

Dedi Nursyamsi, Kepala Badan PPSDM Pertanian mengatakan bahwa generasi muda adalah kunci, dan pertanian modern adalah solusi untuk menarik generasi muda untuk terlibat dalam bisnis pertanian.

“Pertanian Digital merupakan teknologi yang memudahkan dalam pengambilan keputusan secara praktis dan bermanfaat. Sehingga manajemen risiko di bidang pertanian menjadi lebih mudah dan membantu meningkatkan potensi keuntungan secara berkelanjutan”, ujar Dedi.

Dalam rangka mewujudkan regenerasi petani yang berkelanjutan, maka Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor mengadakan kuliah umum dengan tema Kinerja dan Prospek Perekonomian Nasional pada Rabu (2/11/2022) di Aula Kampus CIbalagung, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor.

Dengan narasumber yang ahli bidangnya, yaitu Arif Budimanta selaku Stafsus Presiden Bidang Ekonomi, kuliah umum ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa Polbangtan Bogor dan PEPI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *