mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Polbangtan Kementan Torehkan Prestasi, Lomba Debat di Sekolah Vokasi IPB University

BOGOR – https://polbangtan-bogor.ac.id | Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor berhasil menorehkan prestasi Juara 3 Lomba Debat Bahasa Indonesia dan Tim Favorit dalam lomba Vetionday yang diselenggarakan oleh Sekolah Vokasi IPB University 2023.

Tim The Rusher yang beranggotakan Pradita Ahmad Setiawan, Anggun Iftita Rahmi, dan Pradita Ahmad Setiawan berhasil mengalahkan 18 tim dari berbagai universitas dalam babak penyisihan hingga final. Tahun ini, tuan rumah IPB University keluar sebagai juara pertama, Universitas Negeri Jakarta sebagai juara kedua, dan Universitas Indonesia sebagai top four.

Tidak hanya itu, Tim Jurnak Glory juga berhasil mendapatkan anugerah sebagi tim terbaik karena berhasil mendapatkan vote terbanyak. Tim yang beranggotakan Aditia Yaman Dalantaras Bukit, M. Syarkhul Mu’in, dan M. Ramyza Fauzi.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), meyakini kaum milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern.

Syahrul yakin melalui pendidikan vokasi pada Politeknik Pembangunan Pertanian [Polbangtan] akan hadir para petani milenial yang berkualitas.

“Transformasi pendidikan di sektor pertanian belumlah maksimal apabila hanya menyangkut kelembagaan, maka ada empat jurus jitu yang harus ditekankan dalam pendidikan vokasi yakni karakter, kompetensi, kritis dan kreatif karena pendidikan vokasi menuntut hadirnya generasi milenial yang tangguh berkarakter petarung,” kata Mentan Syahrul.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menuturkan bahwa sekarang ini dibutuhkan sekelompok anak muda yang memiliki loyalitas dan integritas tinggi untuk memajukan sektor pertanian Indonesia.

“Sudah saatnya pertanian dikelola oleh generasi milenial yang menggunakan kreativitas dan inovasinya sehingga pertanian kedepan menjadi pertanian modern. Saat ini kita telah memiliki banyak petani milenial sekaligus enterpreneur di bidang pertanian,” ujar Dedi.

Gitana Arum, sebagai ketua UKM Debat Society Polbangtan Bogor bangga atas perjuangan para anggota tim hingga berhasil menorehkan prestasi. Dengan juara yang diraih oleh Polbangtan Bogor diharapkan kedepannya lebih banyak lagi prestasi yang diraih dalam bidang keilmuan dan seluruh anggota UKM debat berterimakasih kepada Polbangtan Bogor yang telah mendukung dan memfasilitasi banyak hal untuk pencapaian yang luar biasa.

Syarkhul Mu’in selaku perwakilan tim mengaku bersyukur dengan pencapaian tim debat Polbangtan Bogor. “ Saya dan tim bersyukur bisa mendapatkan achievment ini, kamu berterimakasih kepada keluarga besar Polbangtan Bogor atas dukungan dan doanya. Semoga seluruh anggota UKM Debat dapat ternotivasi dan memiliki semangat juang tinggi sehingga dapa mengharumkan almamater tercinta” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *