mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru, Polbangtan Kementan di Banjiri Peminat

BOGOR – https://polbangtan-bogor.ac.id | Penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 pendidikan vokasi lingkup Kementerian Pertanian (Kementan) dilaksanakan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dan Aplikasi Zoom Meeting.

CAT atau Computer Assisted Test adalah metode seleksi dengan alat bantu komputer untuk mendapatkan standar minimal nilai untuk memasuki kampus Pertanian. Teknologi ini mempermudah calon mahasiswa baru dalam memasuki perguruan tinggi, karena peserta dapat melakukan ujian secara online.

Penerimaan mahasiswa baru dibuka di 7 kampus dibawah Kementerian Pertanian yaitu Polbangtan Bogor, Polbangtan Medan, Polbangtan YOMA, Polbangtan Malang, Polbangtan Gowa, Polbangtan Manokwari dan PEPI.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman berulang kali menegaskan untuk mendukung pembangunan pertanian diperlukan SDM pertanian yang berkualitas, andal, berkemampuan manajerial, kewirausahaan dan organisasi bisnis.

Melalui Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, pelaku utama dan pelaku usaha di sektor pertanian akan mampu membangun usaha tani yang berdaya saing tinggi.

“Regenerasi petani merupakan hal utama yang harus dipercepat dan menjadi fokus utama selain peningkatan produksi dan produktivitas”, tegasnya.

Salah satu upaya regenerasi SDM pertanian, khususnya pelaku utama dan pelaku usaha melalui pendidikan vokasi.

“Polbangtan dan PEPI sebagai pelaksana pendidikan vokasi merupakan pabrik pencetak generasi milenial yang harus terus melakukan inovasi sebagai modal mahasiswa ketika terjun ke masyarakat,” kata Amran.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan guna mendukung pembangunan pertanian maju, mandiri dan modern, perlu dilakukan penyiapan, pencetakan SDM pertanian unggulan dengan sistem pendidikan pertanian yang baik.

“Melalui pendidikan vokasi, Kementan melahirkan SDM yang kompetitif sebagai tenaga kerja pertanian andal dan unggul serta sebagai pengusaha pertanian milenial andal, kreatif, inovatif, profesional, serta mampu menyerap lapangan pekerjaan sektor pertanian sebanyak mungkin” ujar Dedi.

Plh Direktur Polbangtan Bogor, Yoyon Haryanto menyampaikan Pelaksanaan CAT tahun ini berjalan lancar dan diharapkan kita mendapatkan calon-calon mahasiswa yg berkualitas sesuai dengan prodi masing-masing.
“CAT merupakan pintu masuk seleksi tahap 2 untuk jalur umum sehingga kita dapat menyaring calon-calon mahasiswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata sehingga dapat mendorong kualitas lulusan Polbangtan Bogor yang sesuai dengan output lulusan yaitu job seeker dan job creator”, ujar Yoyon.

Pembukaan mahasiswa baru dibuka beberapa jalur seperti jalur Umum dan Kerjasama, Jalur Undangan, Jalur Tugas Belajar, Jalur Prestasi.

Pembukaan pendaftaran sudah dimulai sejak 26 Februari 2024 hingga 31 Maret 2024. Dilanjutkan dengan pengumuman lolos seleksi administrasi pada 5 April 2024.

Calon mahasiswa yang dinyatakan lolos administrasi jalur Umum mengikuti ujian Computer Assisted Test (CAT) dan psikotes yang dilaksanakan pada tanggal 23 dan 24 April 2024 diikuti oleh 307 calon mahasiswa. Dimana hasil akan diumumkan tanggal 28 April 2024 mendatang. Adapun peserta yang dinyatakan lolos pada tahap CAT nantinya wajib mengikuti Tes Wawancara pada tanggal 2-3 Mei 2024 secara offline.

Untuk update informasi lebih lanjut Masyarakat bisa mengakses halaman website https://polbangtan-bogor.ac.id/ informasi terbaru berada di slider paling atas dan di pengumuman.

Lembaga Pendidikan Tinggi Vokasi Lingkup Kementerian Pertanian berkomitmen untuk mempersiapkan lulusan yang kompeten dan memiliki daya saing serta berjiwa kewirausahaan, dalam rangka mendukung kebijakan Kementrian Pertanian yang berimplikasi pada persaingan pasar kerja serta mendorong regenerasi petani yang maju, mandiri, dan modern.

Penulis Berita, Irwan Julya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pengumuman

Berita Lainnya

id_IDID