mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Jalin Kerjasama dengan Korea, Polbangtan Kementan Bangun Smart Green House

BOGOR – https://polbangtan-bogor.ac.id | Saat ini, pertanian dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan zaman. Sehingga, dalam pengolahannya tidak lagi dilakukan secara konvensional, melainkan menggunakan campur tangan teknologi. Utamanya menghadapi tantangan lahan pertanian yang tergerus dan menyempit, dikarenakan berkembangnya populasi penduduk, namun dituntut untuk meningkatkan produksi tanaman pangan.

Menghadapi tantangan ini, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor bekerjasama dengan Pemerintah Korea Selatan untuk mengembangkan Smart Green House (SGH) dengan mengadopsi teknologi Korea Selatan yang sekaligus dapat digunakan sebagai sarana praktik mahasiswa.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan setiap inovasi yang dihasilkan merupakan potensi masa depan untuk membuka lapangan pekerjaan.

“Saya berharap hasil penelitian dan rekayasa teknologi dapat diadopsi pada sektor pertanian dan sektor industri serta dapat dimanfaatkan untuk mendukung Program Strategis Kementan,” ujar Mentan Syahrul.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, menegaskan pertanian di era modern tidak bisa terlepas dari penerapan hasil penelitian.

“Untuk itu berbagai hasil penelitian diaplikasikan untuk meningkatkan produktivitas tanaman pertanian,” kata Dedi.

Komoditas yang direncanakan semula Semangka dan Cabai. Namun setelah melalui beberapa pertimbangan, termasuk diantaranya nilai ekonomisnya yang cukup rendah, akan digantikan dengan Tomat dan Paprika yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi dan adaptif dengan iklim tropis lokal di Indonesia.

Untuk itu, sebagai awal mula, jajaran manajemen Polbangtan Bogor mengadakan pertemuan yang dihadiri oleh CEO Agrofood Futuring Market, Kwang Woo Lee pada Jumat (5/5/2023).
Pada pertemuan tersebut dibahas bahwa pembangunan fisik mulai akan dilakukan di bulan ini. Untuk itu, pihak Polbangtan Bogor akan menyiapkan infrastruktur awal seperti jaringan listrik, sumber air, dan akses jalan.

Tujuan dibangunnya Korean Smart Green House di Kampus Polbangtan Bogor ini diharapkan nantinya akan dapat mentransfer ilmu teknologi pertanian dari Korea Selatan kepada para pelaku pertanian di Indonesia, khususnya Mahasiswa Polbangtan Bogor dan petani sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *