mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Mahasiswa Polbangtan Bogor Belajar Menganalisis Kelembagaan Petani di Desa Lemah Duhur

Bogor l polbangtan-bogor.ac.id – Penilaian kemampuan kelompoktani merupakan salah satu bentuk nyata dalam upaya memberdayakan kelompoktani agar tumbuh kembang menjadi kelembagaan petani yang kuat dan mandiri. Hal inilah yang melatarbelakangi 60 orang mahasiswa tingkat I Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor Program Studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan (PPB) melaksanakan praktikum Matakuliah kelembagaan Petani di Desa Lemah Duhur Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor Selasa (11/05).

Koordinator pengampu Matakuliah Kelembagaan Petani, Dedy Kusnadi, SP., M.Si menuturkan bahwa tujuan praktikum ini untuk enganalisis kemampuan kelompok , kedinamisan kelompok dan tingkat pendapatan anggota kelompok.

“Output dari penilaian ini adalah diketahuinya keragaan kelompoktani pada kondisi saat ini’’ imbuhnya.

Kepala Desa Lemah Duhur, Ujang Najmudin menyambut kedatangan rombongan Polbangtan Bogor di kantor balai desa setempat.

“Kami membuka pintu lebar-lebar untuk Polbangtan Bogor untuk saling bersinergi, apalagi selama ini telah terjalin kerja sama yang baik dengan dilaksanakanya pendampingan desa mitra di wilayah kami,” ujar Ujang.

Aldi Prahasta Priatna Putra, salah satu mahasiswa Polbangtan Bogor merasa senang bisa terjun langsung ke lapangan. Sangat bermanfaat untuk mahasiswa karena bisa berkomunikasi langsung dengan para petani, dan dapat mengevaluasi keadaan yang ada di lapangan.

“ Praktikum ini sangat menambah pengalaman baru dan kami berharap kegiatan seperti ini sering dilaksanakan agar kami dapat mengimplementasikan apa yang telah kami pelajari untuk dipraktikkan ke lapangan,” ujar Aldi.

Sasaran penilaian adalah enam kelompoktani di Desa Lemah Duhur yaitu: Kelompok Wanita Tani (KWT) Binuri, Kelompok Taruna Tani Giat Sejahtera, Kelompoktani Insan Mandiri, Kelompoktani Sahaja Sejahtera, dan Kelompoktani Bina Mandiri. [AP]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEN